Edi Kamtono Siap Kawal Proses Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I

Edi Kamtono Siap Kawal Proses Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I

Serahkan Berkas Pembebasan Lahan ke Kementerian PUPR

Jakarta, KalbarOnline.com – Janji Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengawal proses perencanaan pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I tak hanya sebatas pembebasan lahan. Dirinya akan mengawal mulai prosesnya hingga pembangunan jembatan dan penataannya terwujud. Untuk mempercepat proses pembangunan, ia menyerahkan secara langsung berkas kesiapan lahan yang sudah dibebaskan untuk pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Saya menyerahkan secara langsung berkas-berkasnya kepada Direktur Pembangunan Jembatan yang ada di Kementerian PUPR di Jakarta,” ujarnya di Jakarta, Selasa (7/9).

Baca Juga :  Ciptakan Pilkada Berintegrasi, Peserta Pilwako Pontianak Komitmen Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA

Sejauh ini, lanjutnya, lahan yang akan dimanfaatkan untuk jalan penunjang duplikasi Jembatan Kapuas I sudah dibebaskan dan pembayarannya juga sudah diselesaikan. Memang masih tersisa satu lahan yang konsinyasi sehingga dititipkan ganti ruginya di pengadilan.

“Total anggaran yang dikeluarkan untuk pembebasan lahan sebesar Rp43,7 miliar,” ungkapnya.

Selain pembebasan lahan yang telah diselesaikan pembayarannya, Detail Engineering Design (DED) juga telah rampung. Edi berharap hasil dari penyampaian berkas pembebasan lahan ini bisa segera ditindaklanjuti oleh Kementerian PUPR khususnya Direktorat Pembangunan Jembatan.

Baca Juga :  Dorong Ekonomi Kelurahan Mandiri, Pemkot Pontianak Gelar Lomba

“Karena untuk pembangunan jembatannya sumber dananya dari APBN,” katanya.

Ia berharap pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I. Sebab menurutnya kehadiran duplikasi jembatan tersebut merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan itu. Dia yakin sebagian besar masyarakat mendambakan kehadiran duplikasi jembatan itu.

“Kita semua berharap pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I ini bisa segera terealisasi karena kondisi arus lalu lintas yang melintasi kawasan di sana sering terjadi kemacetan,” imbuhnya. (J)

Comment