Presiden Jokowi Resmikan Bandara Singkawang

KalbarOnline, Singkawang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/03/2024).

Jokowi mengatakan, pembangunan bandara ini merupakan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), dan juga bantuan corporate social responsibility (CSR) dari para pengusaha lokal di Kota Singkawang.

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, pagi hari ini kita meresmikan pengoperasian Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Kalimantan Barat,” kata Jokowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga :  Kebijakan Larangan Ekspor Bijih Bauksit Bakal Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Negara dan Daerah

Jokowi menyebutkan, dana pembangunan Bandara Singkawang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 272 miliar, dan juga dari para pengusaha lokal Rp 155 miliar.

Tangkapan layar peresmian Bandara Singkawang oleh Presiden Jokowi. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Jokowi menyebut, Bandara Singkawang dibangun mulai 2019 – 2023 dan ditargetkan beroperasi pada April 2024. Bandara ini memiliki panjang runway 2.000 meter. Kemudian terminalnya dibangun seluas 8.000 meter persegi.

“Kita harapkan ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang, mempercepat mobilitas logistik dari dan ke Singkawang, dan kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Singkawang,” tutur Jokowi.

Baca Juga :  Warga yang Kontak Langsung dengan Korban Diminta Isolasi Diri

Dirinya meminta kepada Menteri Perhubungan agar memperbanyak penerbangan ke Singkawang.

“Kalau bandaranya sudah siap, airportnya sudah siap, segera Pak Menhub disediakan juga pesawat yang terbang ke sini (Singkawang) sebanyak-banyaknya, asal penumpangnya juga penuh. Pasti akan semakin banyak airline yang datang ke Singkawang,” tambahnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment