Buka STQ XXV Kalbar di Singkawang, Sutarmidji : Momentum Berprestasi di Level Nasional

Gubernur Kalbar, Sutarmidji didampingi Kapolda Kalbar dan sejumlah kepala daerah se-Kalbar membuka STQ XXV Kalbar di Singkawang
Gubernur Kalbar, Sutarmidji didampingi Kapolda Kalbar dan sejumlah kepala daerah se-Kalbar membuka STQ XXV Kalbar di Singkawang (Foto: Humas Provinsi Kalbar)

KalbarOnline, Singkawang – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an ke-XXV tingkat Provinsi Kalbar yang berlangsung di Kota Singkawang, Sabtu (28/4/2019) malam.

STQ kali ini, menurutnya sebagai ajang persiapan STQ tingkat nasional yang rencananya dilangsungkan pada Juni mendatang.

“Saya berharap setelah selesai acara ini, kita segera menetapkan kafilah Kalbar untuk di tingkat Nasional,” ungkap Sutarmidji usai membuka STQ ke-XXV tingkat Provinsi Kalbar di Lapangan Kridasana, Kota Singkawang, Sabtu Malam (28/4/2019).

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi Kalbar, disebutnya, tengah mempersiapkan tempat-tempat penyelenggaraan STQ Nasional di beberapa titik di Kota Pontianak. Akan ada banyak tempat-tempat yang menjadi kenangan selama penyelenggaraan STQ tingkat Nasional.

“Pertama mimbar tilawah itu akan berada di titik nol derajat lintang utara dan lintang selatan dan belum pernah diadakan di seluruh dunia, kita yang pertama kali lakukan. Untuk mimbar tilawah kedua itu di atas Sungai Kapuas kita sedang bangun, Insya Allah menjadi kenangan bahwa Kalbar pernah menjadi penyelenggara STQ tingkat Nasional,” tegasnya.

Untuk STQ ke-XXV tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang ini, kata dia, merupakan momentum bersama untuk mengukir prestasi di level nasional.

“Di Kota Singkawang Mudah-mudahan sebagai momentum kita untuk berprestasi di level nasional di ajang STQ ini. Karena tahun depan kita harus mempersiapkan MTQ di tingkat nasional,” tukasnya.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini berharap qori dan qoriah Kalbar dapat mengukir prestasi membanggakan dalam ajang STQ nasional nantinya. Hal ini menurutnya bukan suatu hal yang berlebihan, pasalnya selain sebagai tuan rumah, Kalbar dulunya juga dikenal sebagai gudangnya qori dan qoriah.

“Saya minta Dewan Hakim harus memperhatikan kontingen kita yang akan mewakili Kalbar. Percepat Training Center (TC) agar semuanya dipersiapkan secara matang,” imbuhnya.

Ia pun menargetkan kepada para kafilah untuk menjadi juara di ajang STQ nasional dan MTQ nasional pada tahun depan guna mengharumkan nama daerah Kalbar.

“Kalo dilihat dari ajang kemarin di Provinsi Medan, Alhamdulillah kita mendapatkan juara. Target saya antara tiga sampai lima juara di tingkat nasional,” pungkasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar