Sutarmidji Jadi Orang Pertama yang Daftar Calon Gubernur Kalbar ke PDIP

KalbarOnline, Pontianak – Mantan Gubernur Kalbar periode 2018 – 2023, Sutarmidji menjadi orang pertama yang melakukan pengambilan berkas pendaftaran kepala daerah di Kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar, Senin (15/04/2024). Secara spesifik, Sutarmidji mendaftar sebagai bakal calon (balon) Gubernur Kalbar 2024 – 2029.

Wakil Sekretaris Internal DPD PDIP Kalbar, Malin membenarkan hal tersebut, melalui utusannya Subhan Noviar, Sutarmidji memang menjadi yang pertama melakukan pengambilan berkas kepala daerah di Kantor DPD PDIP Kalbar.

“Untuk hari ini, kesempatan pertama yang mendaftar hari ini adalah Pak Sutarmidji. Memang kita terbuka untuk umum, baik di luar maupun dari dalam partai sendiri untuk pendaftaran calon di pilkada,” kata Malin.

Sementara itu, Subhan Noviar sendiri mengatakan, kalau ia mendapat mandat khusus dari Sutarmidji untuk melakukan pengambilan berkas pendaftaran sebagai balon Gubernur Kalbar pada pilkada serentak tahun ini.

“Saya diutus Bang Midji untuk mengambil formulir di PDI Perjuangan. Ini partai kedua beliau mendaftar, kemarin Demokrat yang sudah membuka pendaftaran, beliau juga yang pertama mengambil formulir, dan yang pertama juga mengembalikan formulir,” kata Subhan kepada awak media.

Baca Juga :  Sempat Ditolak Rumah Sakit, Ini Cerita Ibunda Bocah Pengidap Miningitis Asal Batu Ampar

“Insya Allah nantinya juga beliau mengembalikan langsung berkas pendaftaran langsung ke Sekretariat PDIP,” tambahnya.

Subhan menyampaikan, Midji—sapaan akrab Sutarmidji, pun mengapresiasi PDIP Kalbar yang telah membuka pendaftaran balon kepala daerah. Hal ini membuka peluang bagi non kader untuk diusung sebagai calon dari PDIP.

“Bang Midji mengapresiasi PDIP membuka pendaftaran secara terbuka, sehingga yang di luar kader masih ada peluang. Bukan hanya dari internal PDIP saja, tapi dari eksternal juga bisa bekerja sama, dan Insya Allah Bang Midji siap bekerja sama dengan partai-partai yang ada di Kalbar untuk melanjutkan pembangunan di Kalbar,” tutur Subhan.

Lebih lanjut ia menyampaikan, seluruh proses pengambilan formulir pada hari ini akan dilaporkan ke Sutarmidji. Ia berharap, media dapat bersabar menunggu kapan berkas ini akan dikembalikan lagi.

Baca Juga :  Kongres P3I ke – XVI, Zulfydar: Ini Kesempatan Bagus Untuk Mempromosikan Kalbar

“Yang pasti setelah ini formulir akan saya sampaikan ke beliau, kita tunggu saja kapan beliau akan mengembalikan, tapi saya yakin dalam waktu segera, beliau akan segera mengembalikan formulir ke PDIP,” terangnya.

Terakhir, Midji juga berpesan, bahwa dirinya akan legowo apapun yang akan menjadi keputusan partai nantinya. Dan selama kepercayaan itu diberikan, Midji siap melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

“Partai apapun yang membuka, beliau pasti akan siap bersama-sama. Dan kami kembalikan semua mekanisme kepada masing-masing partai, mungkin ada yang sistemnya membuka secara umum atau seleksi internal saja,” ucapnya.

“Sepanjang saat ini semua partai yang membuka, beliau selalu mendaftar, ini baru 2 partai yang membuka pendaftaran dan beliau mendaftar,” pungkas Subhan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment