Windy Dukung Potensi Kerajinan Manik-manik Khas Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson menyempatkan dirinya berkunjung ke Rumah Betang Bali Gundi di Desa Sibau Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (05/03/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Windy mencoba menyulam manik-manik yang akan menjadi gelang, kalung dan lain-lain. Tak hanya itu, Windy juga membeli produk UMKM yang terbuat dari manik-manik yang dibuat oleh anak-anak muda yang tinggal di rumah betang tersebut.

“Hari ini kita berkunjung ke Rumah Betang Bali Gundi (Putussibau) yang mana di sini banyak perajin kreatif khususnya kriya, dengan menggunakan bahan manik-manik. Kita lihat banyak yang jadi rompi, kalung, syal dan ada yang jadi hiasan peci,” ucap Windy.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan dan Disiplin Protokol Kesehatan dalam Safari Ramadhan di Batang Lupar

Ia juga menceritakan, bahwa para perajin berharap kepada dekranasda untuk turut mempromosikan hasil karya mereka agar dikenal di dunia luar.

“Mereka banyak bercerita kepada kami, berharap kita untuk terus mempromosikan hasil karya yang unik ini. Yang mana mereka meronce dengan menggunakan tangan mereka sendiri (handmade). Ini memang sangat diminati dan dikunjungi khususnya wisatawan luar negeri,” terang Windy.

Baca Juga :  Desa Menyabo Sanggau Mampu Hasilkan Hingga Puluhan Ton Cabai Seminggu

Ia juga berharap, para perajin untuk terus meningkatkan kualitas hasil kerajinannya agar mampu bersaing di kancah nasional dan internasional.

“Saya berharap pembinaan terus menerus untuk para perajin dan mereka sering dilatih Dekranasda Kapuas Hulu. Kemudian nanti bisa kita promosikan bersama baik dalam negeri maupun mancanegara,” timpalnya.

Tak hanya mengunjungi dan melihat hasil karya para perajin, Windy juga turut memberikan bantuan pembinaan kepada para perajin agar lebih termotivasi untuk menghasilkan karya yang terbaik. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment