Kodim Putussibau Laksanakan Kegiatan UKP dan Garjas A dan B Secara Periodik

KalbarOnline, Putussibau – Kasdim 1206/Putussibau, Mayor Inf Supriyono memimpin Uji Kenaikan Pangkat (UKP) dan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) A dan B secara periodik kepada sejumlah personel Kodim 1206/Putussibau, di GOR Uncak Kapuas, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (22/04/2024).

UKP merupakan kegiatan yang dilakukan personel TNI sebagai syarat untuk kenaikan pangkat, sedangkan garjas periodik merupakan kegiatan kesehatan jasmani personel TNI yang dilakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali, meliputi Samapta A dan B. Samapta A, yakni lari 12 menit dan tes kesegaran B meliputi pull up, sit up, push up selama 1 menit, dan shuttle run.

Baca Juga :  Sejumlah Perwira Kodim Putussibau Ikuti Vicon Kunker Kasad TNI Terkait Peresmian Sumur Bor

Dalam kegiatan UKP dan garjas periodik, Kodim Putussibau bekerja sama dengan dinas kesehatan, yang membantu mendukung keperluan medis dan tenaga kesehatan untuk menunjang administrasi kesehatan personel.

Kasdim Putussibau, Mayor Inf Supriyono menyampaikan, garjas sendiri merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI-AD dan sangat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat, maupun sebagai kelengkapan administrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan serta program lainnya.

Baca Juga :  Tim Wasrik Pos XII Tanjungpura Audit Program Kerja dan Anggaran Kodim Putussibau

“Untuk itu, apabila ada waktu kegiatan pembinaan fisik harus dilatihkan secara teratur dan berjenjang,” ujarnya.

Mayor Inf Supriyono juga menekankan, kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes garjas, agar melaksanakannya dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri.

“Jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri,” pesan Kasdim Supriyono. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment