Tingkatkan Kompetensi Prajurit, Kodim Putussibau Gelar Latnister

KalbarOnline, Putussibau – Kodim 1206/Putussibau menggelar kegiatan latihan teknis teritorial  (latnister) 2024 untuk meningkatkan kompetensi prajurit.

Kegiatan itu diselenggarakan di sekitaran halaman Makodim 1206/Putussibau, Jalan Piere Tendean, Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Kamis (07/03/2024).

Latnister ini dilaksanakan dalam rangka mengingat, memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik para prajurit yang berdinas di satuan kewilayahan atau satuan teritorial, dengan tujuan agar para prajurit dalam melaksanakan tugas teritorial dapat profesional dan mengetahui tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya).

Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli  diwakili Kapten Inf Ucok Saputra selaku Komandan Latihan menyampaikan, latnister tahun ini mengambil materi yang dititik-beratkan pada ketatalaksanaan pembinaan teritorial (binter), yang meliputi kegiatan pengumpulan data teritorial, analisa kejadian, menyusun rencana dan laporan kegiatan binter dan dilanjutkan kegiatan praktik.

Baca Juga :  Polisi Kawal Ketat Pendistribusian Soal UN di Kapuas Hulu

Dirinya tentu berharap, seluruh peserta dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, sebagai aparat komando kewilayahan (apkowil), anggota Kodim 1206/Putussibau harus mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas binter dengan baik, serta harus dapat memahami dan mampu menerapkan sikap dan perilaku sebagai aparat teritorial.

Tim Pengawas Latihan (Waslat) Latnister, Serma Rano Wijaya dalam kesempatan itu turut memberikan arahan dan ilmu bagi para prajurit Kodim 1206/Putussibau dalam memahami tugas pokok sebagai aparat teritorial.

Baca Juga :  Dandim Putussibau Hadiri Apel Siaga dan Launching TPS Rawan

“Kita sebagai komando kewilayahan harus dapat memanfaatkan SDM dan SDA dan sumber daya lainnya guna membantu tugas saat negara dalam keadaan genting,” jelasnya.

Oleh karena itu, sumber daya yang ada di wilayah harus dibina dan selalu disiapkan guna kepentingan pertahanan negara.

“Materi yang dipertajam kali ini (adalah) pengumpulan data teritorial (data geo, demo, komsos), seperti aspek geografi adalah tanggap bencana, pembinaan rakyat terlatih, bagaimana kita merekrut komponen cadangan, linmas, wanra, pramuka sakawira dan pemanfaatan Kondisi alam,” pungkasnya. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment