Aston Pontianak dan Neo Gajah Mada Bagi Ilmu Perhotelan ke Siswa SMK N 5 Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi penerus bangsa dalam memasuki dunia kerja khususnya di bidang perhotelan, ASTON Pontianak Hotel & Convention Center dan NEO Gajahmada Pontianak menggelar seminar bertajuk Expert Talks: The Art of Hospitality yang diikuti sebanyak 130 pelajar di SMK Negeri 5 Pontianak, Kamis (12/10/2023).

Pelajar yang mengikuti seminar ini merupakan pelajar kelas XII dari jurusan kuliner dan perhotelan yang dalam waktu dekat akan menjalani praktek magang.

Seminar Expert Talks ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Chef Denny Frederick selaku Corporate Executive Chef Archipelago International, Bintang Watjana selaku Corporate Chief Engineer Archipelago International. Selain itu, juga ada Sharing Session tentang kepemimpinan oleh Anto W Soemartono selaku General Manager ASTON Pontianak Hotel & Convention Center dan Amiruddin Thamrin selaku Hotel Manager NEO Gajahmada Pontianak.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, karena SMKN 5 Pontianak yang terpilih untuk dikunjungi oleh para narasumber  yang luar biasa ini,” ucap Kepala SMK Negeri 5 Pontianak, Millu Hatriwati saat sambutan pembukaan kegiatan seminar Expert Talks.

Baca Juga :  Aston Pontianak Berbagi Kebahagiaan Sambut Natal di Panti Asuhan Harapan Bangsa

Di kesempatan yang sama, GM ASTON Pontianak, Anto menyampaikan bahwa kegiatan Expert Talks ini sebagai bentuk kepedulian terhadap para pelajar yang nantinya akan masuk ke dunia kerja di hotel sehingga punya gambaran dan juga sebagai motivasi bagi mereka.

“Kami sangat menyambut baik jika nantinya pelajar dari SMK Negeri 5 Pontianak akan magang di ASTON dan NEO. Saat magang nanti belajar yang sungguh-sungguh dan ambil kesempatan yang ada,” katanya.

Chef Denny Frederick selaku narasumber memberikan motivasi dan inspirasi bagaimana menjadi seorang chef yang baik seperti layaknya seorang ilmuwan yang mengetahui pengetahuan mendalam di bidangnya.

Chef Denny mengatakan, seorang chef juga bisa seperti akuntan yang paham menghitung biaya dari satu jenis menu. Seorang chef juga bisa seperti artis dalam menyajikan menunya yang menarik, dan yang terpenting seorang chef harus memasak layaknya ibu atau nenek yaitu masakannya enak dibuat dengan penuh cinta.

“Seninya dalam dunia hospitality adalah apapun jabatan kita, kita ini sejatinya adalah pelayan yang tugasnya melayani tamu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Cerita Pemuda Sambas yang Dapat Beasiswa S2 dari Bang Midji

Di sesi berikutnya, Corporate Chief Engineer Archipelago International, Bintang Watjana membagikan empat pilar penting bagaimana bekerja sebagai seorang engineer di dunia perhotelan yang menjadi panduan bagi dirinya.

“Yang pertama kita harus bekerja dengan passion yaitu sesuai dengan kesenangan kita, kemudian utamakan keselamatan (safety), yang ketiga hadirkan kenyamanan bagi tamu dan karyawan dan terakhir adalah berikan kesan estetika di setiap sudut ruangan hotel kita,” tuturnya.

Di akhir kegiatan seminar ini, tim dari ASTON Pontianak Hotel & Convention Center dan NEO Gajah Mada berkesempatan untuk diajak berkeliling melihat fasilitas pembelajaran kejuruan yang ada di SMK Negeri 5 Pontianak seperti kamar, ruangan laundry, dapur praktek, bank mini, ruangan menjahit hingga salon.

Seminar Expert Talks ini merupakan kegiatan CSR yang digagas oleh Archipelago International dan sudah dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia seperti Malang, Makassar, Madiun, Samarinda, dan Yogyakarta. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment