Disdikbud Kalbar Fasilitasi Kegiatan Job Fair Khusus Para Alumni SMKN 5 Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Barat melalui Bursa Kerja Khusus SMKN 5 Pontianak mengadakan job fair, pada tanggal 7 dan 8 November 2023.

Kegiatan ini merupakan rangkaian SMK Pusat Keunggulan 2023, di mana acara tersebut mempertemukan dunia usaha dan dunia kerja dengan para pencari kerja, khususnya para alumni SMKN 5 Pontianak.

Kegiatan ini juga dihadiri seluruh siswa kelas XII SMKN 5 Pontianak, mitra pembangunan SMKN 5 seperti GM Hotel Kota Pontianak dan Kubu Raya, Kepala Disnakertrans Provinsi Kalbar dan Kepala Disnaker Kota Pontianak.

Kadis Disdikbud Provinsi Kalbar, Rita Hastarita menyampaikan, rekruitmen ini terdiri atas para alumni yang telah sukses di berbagai bidang vokasi atau di 13 unit usaha yang ada. Kegiatan ini membuka lowongan pekerjaan sebanyak 157 tenaga kerja.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Kalbar Terima Keluhan Orang Tua Terkait PPDB

“Ini merupakan kolaborasi dunia usaha, industri dan dunia kerja serta stakeholder terkait,” kata Rita usai membuka kegiatan itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Rita Hastarita melihat langsung gelar karya hasil pembelajaran berbasis projek siswa tata busana SMKN 5 Pontianak. (Foto: MCRH)
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Rita Hastarita melihat langsung gelar karya hasil pembelajaran berbasis projek siswa tata busana SMKN 5 Pontianak. (Foto: MCRH)

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan MoU antara Hotel Alimoer, Hotel Garuda, Larakasih, Catering Supri, AM Fashion Hijab, Tini Modiste dan Intan Attelier sebagai mitra SMKN 5 Pontianak.

Rangkaian acara lainnya adalah Expo Wedding Alumni SMKN 5 Pontianak, yaitu Hamisah dan Rika Ayub, hadir juga 7 dunia kerja yang ditahun ini menjalin kerjasama untuk menguatkan konsentrasi keahlian yg ada di sekolah berupa sinkronisasi kurikulum industri, magang guru, praktisi mengajar, PKL dan rekruitmen para siswa.

Baca Juga :  Kadisdik Kalbar Temukan Sejumlah Persoalan dalam Proses PPDB Online

Kegiatan diakhiri dengan gelar karya dan fashion show yang merupakan hasil pembelajaran berbasis projek siswa tata busana, di bawah binaan Kepala Sekolah, Millu Hatriwati.

Rita juga menjelaskan, bahwa SMKN 5 Pontianak merupakan salah satu SMK pusat keunggulan dan telah mencetak banyak lulusan siap kerja. Banyak alumninnya telah terserap di berbagai dunia kerja serta beberapa diantaranya berhasil membangun usahanya sendiri. (Jau)

Comment