ASTON Pontianak bersama KPA Pontianak Sosialisasikan HIV/AIDS

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 50 orang karyawan ASTON Pontianak Hotel & Convention Center mengikuti Sosialisasi HIV/AIDS, di Executive Meeting Room, Lantai 1 ASTON Pontianak Hotel & Convention Center, Kamis (30/11/2023).

Acara ini merupakan kolaborasi dari ASTON Pontianak Hotel & Convention Center bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pontianak dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia.

KPA Kota Pontianak yang diwakili Lusi Nuryanti bersama dengan 4 orang anggota lainnya memberikan pengetahuan dasar HIV/AIDS serta kondisi terkini perkembangan AIDS yang ada di Kota Pontiank.

“ODHA atau orang dengan HIV/AIDS yang ada di Kota Pontianak dalam kurun waktu 8 tahun kurang lebih mencapai 1000 Orang,” ungkap Lusi Nuryanti selaku Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Pontianak.

Baca Juga :  Aston Pontianak Berbagi Kebahagiaan Sambut Natal di Panti Asuhan Harapan Bangsa

Ia menerangkan, dari jumlah tersebut, jika dirangkum secara pekerjaan didominasi oleh ibu rumah tangga.

Sosialisasi HIV/AIDS diikuti karyawan Hotel Aston. (Foto: Public Relation Aston Pontianak)
Sosialisasi HIV/AIDS diikuti karyawan Hotel Aston. (Foto: Public Relation Aston Pontianak)

Sementara itu, Public Relations Manager ASTON Pontianak Hotel & Convention Center, Arifin mewakili pihak manajemen menyampaikan, bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas tentang penyebaran AIDS, agar tidak terjadi stigma negatif terhadap ODHA di lingkungan karyawan baik di tempat kerja maupun tempat tinggal masing-masing.

“Sosialisasi ini sangat penting dan juga baik untuk karyawan sehingga setidaknya bisa memberikan pengetahuan yang benar tentang AIDS minimal bagi lingkungan keluarganya,” tuturnya setelah ikut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Pontianak memberikan pemaparan mulai dari apa perbedaan HIV dan AIDS, bagaimana proses penularan dan pencegahannya baik di lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja, dan bagaimana cara menghindari agar tidak tertular atau terkena HIV/AIDS serta fakta-fakta penting kondisi AIDS di Kota Pontianak.

Baca Juga :  Pertama di Indonesia, Kelurahan Bansir Laut Ditetapkan Jadi Pilot Project Konsolidasi Tanah oleh Kemen ATR/BPN

Di tahun 2023 ini, peringatan Hari Aids Sedunia mengambil tema besar yaitu Let Communities Lead yang artinya “Biarkan Masyarakat yang Memimpin”. Tema ini memberikan makna bahwa dalam penanggulangan AIDS menjadi tanggungjawab bersama di masyarakat melalui keterlibatan semua pihak dan komunitas yang aktif menggaungkan slogan “Jauhi Virusnya, bukan Orangnya”. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment