Aston Pontianak Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Demi Keamanan Tamu dan Karyawan

KalbarOnline, Pontianak – Dalam upaya untuk meminimalkan risiko kecelakaan bagi para pegawai dan tamunya, Aston Pontianak Hotel & Convention Center menyelenggarakan pelatihan pertolongan pertama atau yang dikenal dengan First Aid and CPR Training, Senin (17/07/2023).

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama PMI Kota Pontianak itu digelar di Ruangan Executive Meeting Room 3 Lantai 1. Pelatihan ini diikuti oleh 30 karyawan yang berbeda-beda departemen.

General Manager ASTON Pontianak Hotel & Convention Center, Anto W Soemartono mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada karyawan bagaimana dalam memberikan pertolongan pertama jika terjadi suatu kejadian di area hotel.

Baca Juga :  Sutarmidji: Pemerataan Kualitas Pendidikan Jauh Lebih Penting

“Tanggungjawab keselamatan dan keamanan tidak hanya bagian dari security, namun semuanya memiliki peran, karena suatu kecelakaan tidak bisa dipastikan lokasinya, seperti bisa di dapur, di area kolam, di area kamar dan lain macamnya,” tuturnya.

Beberapa karyawan sedang simulasi dalam mengangkat korban kecelakaan. (Foto: Indri)
Beberapa karyawan sedang simulasi dalam mengangkat korban kecelakaan. (Foto: Indri)

Zainudin, salah satu peserta sekaligus karyawan Aston Pontianak Hotel & Convention Center menyampaikan, bahwa pelatihan yang diikutinya ini merupakan hal yang sangat penting dan bisa dijadikan sebagai keterampilan yang dibutuhkan di mana saja, tidak hanya di hotel dan bisa diterapkan dalam kondisi darurat.

“Ini sangat bermanfaat, skill dan pengetahuan ini pasti akan kita terapkan tidak hanya di area hotel tapi bisa juga saat di rumah,” katanya.

Baca Juga :  PKK Pontianak Bagikan Masker Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Dalam pelatihan yang diberikan oleh Tim PMI Kota Pontianak, meliputi dasar-dasar pertolongan pertama medis untuk awam, seperti bagaimana prosedur dalam menangani korban kecelakaan seperti terluka, terjatuh, patah tulang, tersedak hingga yang tak sadarkan diri.

Selain itu peserta juga diajarkan dan praktek langsung dalam melakukan CPR atau Resusitasi Jantung Paru-paru.

Di akhir pelatihan, peserta melakukan foto bersama dengan Tim PMI Kota Pontianak dan mengapresiasi karena telah memberikan pelatihan yang sangat bermanfaat. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment