Peringatan HUT ke 78 TNI di Ketapang Diwarnai dengan Atraksi Pembebasan Sandra di Laut

KalbarOnline, Ketapang – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78 tahun 2023 di Kabupaten Ketapang berlangsung di Pelabuhan Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan, Kamis (05/10/2023) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ketapang, Letkol Laut (P) Ivan Halim. Hadir dalam kesempatan itu Dandim 1203 Ketapang, Letkol Czi Agus Ikwanto beserta Kapolres Ketapang, Ketua DPRD dan Sekda Ketapang.

Danlanal Ketapang saat membacakan amanat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, kalau 78 tahun TNI telah hadir dan menjalankan amanat sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI.

Baca Juga :  Sambut HUT TNI Ke-78, Kodim 120 dan Lanal Ketapang Gelar Baksos Kesehatan

“Ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini.

Upacara peringatan HUT TNI di Pelabuhan Sukabangun Ketapang. (Foto: Adi LC)
Upacara peringatan HUT TNI di Pelabuhan Sukabangun Ketapang. (Foto: Adi LC)

“Dengan momentum hari ulang tahun ke-78 TNI tahun 2023 ini, hendaknya dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh,” sampainya.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Hadiri Jalan Sehat HUT ke-78 TNI di Makodim 1203 Ketapang

Sementara itu, Dandim 1203 Ketapang, Letkol Czi Agus Ikwanto menyampaikan, selaras dengan tema HUT TNI tahun ini, Kodim 1203 siap mewujudkan pemilu 2024 dengan aman, damai dan sejuk.

“Kita siap menjaga kepercayaan masyarakat, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI, Diragahayu TNI,” tutup Dandim Agus.

Acara puncak HUT ke-78 TNI di wilayah Kabupaten Ketapang kali ini juga dimeriahkan dengan marching band dari SMK Negeri 01 Ketapang dan demonstrasi Beladiri Militer dari Kompi-3 Yonmek 643/Wns serta demonstrasi Pembebasan sandera di laut. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment