Wabup Farhan Sebut Pemkab Ketapang Akan Maksimalkan Pendidikan di Desa Terpencil

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang akan mendirikan Unit Sekolah Baru (USB) negeri di 3 kecamatan, diantaranya Simpang Hulu, Simpang Dua dan Sungai Laur.

Rencana ini dilakukan lantaran jarak antar desa maupun dusun yang jauh, sekitar tujuh kilometer, dari jarak sekolah terdekat.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Farhan saat menyampaikan Jawaban Pemerintah Daerah atas Pandangan Umum Anggota DPRD Ketapang terhadap Pidato Bupati Ketapang atas Pengantar Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2024 di Gedung Pancasila Ketapang, Selasa (03/10/2024).

“Ini sudah memenuhi syarat untuk didirikan USB, sesuai dengan ketentuan pembangunan USB jenjang SD minimal berjarak 3 Km dengan SD lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Mantan Kadis PUTR Ketapang Dipastikan Bakal Dipecat Sebagai ASN

Farhan menyampaikan, pemerintah daerah dapat mengambil langkah seperti pendirian sekolah filial (cabang), namun hanya dapat dilakukan pada jenjang SMP dengan bimbingan guru perorangan dan dilaksanakan secara reguler.

“USB terkait dengan daerah yang hanya ada SD saja, jika SMP yang lain jaraknya jauh maka dimungkinkan untuk didirikan SMP Satu Atap (Satap),” ujarnya.

Selain mengenai pendidikan, Wabup Farhan juga menyampaikan fokus pembangunan “Kualitas Infrastruktur Daerah yang Berkelanjutan”, di mana Pemkab Ketapang terus melakukan perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur jalan secara bertahap dan berkelanjutan dengan kemampuan keuangan daerah.

Baca Juga :  Borneo Emerald Hotel Komitmen Taat Bayar Pajak Meski Pandemi Covid

Adapun beberapa ruas jalan yang masih rusak, diantaranya Jalan Tahak – Loko, Meraban – Lelayang, Baram – Tanjung Maju – Tanjung Rambut serta Tahak – Botong.

“Dapat kami sampaikan bahwa sesuai Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2024, ‘Kualitas Infrastruktur Daerah yang Berkelanjutan’ memang salah satu fokus pembangunan pemkab Ketapang tahun 2024. Hal-hal yang terkait dengan infrastruktur seperti jalan dan jembatan akan tetap menjadi perhatian khusus pemerintah daerah,” tutup Farhan. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment