Pj Gubernur Harisson Apresiasi Sinergitas yang Terbangun Antara TNI dan Pemerintah

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78 tahun 2023, di Apron Landasan Udara (Lanud) Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (05/10/2023).

Upacara yang dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB tersebut diawali dengan tampilan parade seluruh matra TNI, baik angkatan udara, darat dan laut berikut beragam model alutsista yang dimiliki. Bertindak sebagai inspektur upacara, yakni Marsekal Pertama TNI, Prasetiya Halim.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengapresiasi peringatan hari jadi TNI yang diselenggarakan di Lanud Supadio pada hari ini. Gegap gempita yang dihadirkan memancarkan rela berkorban dan bela negara oleh pasukan TNI baik darat, laut dan udara.

“Selamat hari ulang tahun TNI ke-78, semoga semakin jaya dan selalu menjadi kebanggaan kita semua. Kebanggaan rakyat Indonesia dalam menjaga keutuhan bangsa. TNI patriot NKRI, mengawal demokrasi untuk Indonesia maju. Sekali lagi dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” seru ungkap Harisson.

Dirinya berharap, adapun sinergitas yang sudah terjalin dengan baik selama ini akan terus dapat ditingkatkan antar pihak, hal ini tak lain demi mensejahterakan masyarakat dan menjaga keutuhan bangsa.

“Semoga kita (pemprov) terus dapat merajut sinergitas dan hubungan baik yang sudah terjalin selama ini, terima kasih juga kami ucapkan atas kinerja nyata dari TNI dalam berbagai hal. Mulai dari TMMD, program covid beberapa tahun lalu, hingga penanganan karhutla serta pengendalian inflasi yang tak lain adalah demi menjaga kestabilan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kalimantan Barat tercinta ini,” terangnya.

Baca Juga :  Safari Ramadhan, Bupati Muda Targetkan 2020 Empat Kecamatan di Kubu Raya Saling Terhubung

Di tempat yang sama, Danlanud Supadio, Marsekal Pertama TNI Prasetiya Halim menyebutkan, berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei, TNI telah mendapat predikat tingkat kepercayaan yang tinggi baik didalam maupun luar negeri.

“Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme yang telah ditunjukan selama ini,” sebut Prasetiya Halim saat menyampaikan amanatnya.

Foto bersama pada peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023, di Apron Landasan Udara (Lanud) Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (05/10/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Foto bersama pada peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023, di Apron Landasan Udara (Lanud) Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (05/10/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Lebih lanjut dirinya menuturkan, terlepas dari berbagai prestasi yang telah diraih, kita tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan.

Setelah Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial serta ditambah lagi situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian di berbagai belahan dunia.

“Oleh karena itu, pada momentum HUT TNI ke- 78 harus kita jadikan sebagai bahan mengintrospeksi dalam berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh,” tutur Prasetiya.

Peringatan HUT TNI ke-78 pada tahun ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Yang Lebih Maju”. Tema ini mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi bersama seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Baca Juga :  Melampaui Target Kini Kasus Stunting di Kubu Raya Hanya 13 Persen

“Tema ini kita angkat karena sebagai salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat akan dihadapkan dengan pesta demokrasi yakni pemilihan umum serentak pada tahun 2024, baik pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota legislatif, dan pilkada serentak 548 daerah yaitu pada 38 provinsi, 415 kabupaten, dan 98 kota madya,” terangnya.

Prasetiya menyebutkan, menjaga kelancaran pesta demokrasi 5 tahunan tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

“Dalam menyikapi hal tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipasi terhadap perkembangan situasi bangsa. Tidak hanya itu, TNI akan berkomitmen untuk menjaga kelancaran dalam rangka mewujudkan pemilu pada tahun 2024 dapat berlangsung dengan aman, damai, dan sejuk,” tutup Prasetiya.

Menutup rangkaian acara tersebut, seluruh pimpinan Forkopimda melakukan foto bersama, memotong kue ulang tahun, kemudian dilanjutkan dengan syukuran HUT TNI ke-78. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment