Hadiri HUT Otda di Surabaya, Pj Bupati Kamaruzaman Ungkap Arahan Mendagri

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menghadiri puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/04/2024).

Seusai upacara, Kamaruzaman mengungkapkan sejumlah arahan dari Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian.

Alhamdulillah kita hadir di puncak peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini di Kota Surabaya. Arahan dari Menteri Dalam Negeri, beliau kembali mengingatkan bahwa otonomi daerah ini semangatnya adalah untuk mendekatkan pemberian pelayanan publik ke masyarakat,” kata Kamaruzaman.

Karena itu lanjutnya, diharapkan ke depan otonomi daerah akan terus memperkuat tata kelola pemerintahan dengan terus memperhatikan pembangunan, terutama pembangunan dengan berbasiskan ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.

Baca Juga :  Dorong Kubu Raya Jadi Destinasi Wisata Pilihan di Kalbar

“Yakni pembangunan untuk wilayah-wilayah yang tentu diharapkan bisa berkelanjutan dengan kondisi iklim yang terus berubah,” ujarnya.

Kamaruzaman mengatakan, Menteri Tito juga meminta seluruh kepala daerah untuk terus memperkuat berbagai sektor terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

“Sehingga dengan otonomi daerah ini akan memperkokoh penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam arahannya mengatakan, peringatan Hari Otonomi Daerah kali ini mengangkat tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”. Tema itu menggambarkan tekad Indonesia untuk memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran pemerintah akan amanah untuk membangun keberlanjutan dan pengelolaan Indonesia termasuk sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Baca Juga :  Meski Kalah, Pj Bupati Kamaruzaman Apresiasi Timnas Indonesia U-23

“Sekali lagi pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih atas seluruh usaha yang telah dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah dalam semua bidang,” ucapnya.

Menteri Tito menuturkan, Hari Otonomi Daerah adalah hari terbesar bagi jajaran pemerintahan daerah. Hari Otonomi Daerah, sebutnya, serupa dengan HUT TNI maupun HUT Polri. Sehingga ia mengajak semua pemerintah daerah se-Indonesia untuk bekerja optimal demi Indonesia yang lebih baik kedepannya.

“Selamat melaksanakan dan memperingati Hari Otonomi Daerah. Mari kita bekerja lebih baik, melangkah lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment