Menteri PANRB Harap Masyarakat Dapatkan Layanan Terintegrasi di MPP Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas berharap Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kubu Raya bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terintegrasi.

“Jadi, Mal Pelayanan Publik itu intinya adalah mengintegrasikan berbagai layanan dari berbagai dinas dan kementerian, termasuk instansi-instansi vertikal,” ujarnya ketika berkunjung ke MPP Kubu Raya, Selasa (23/04/2024).

Menteri Anas mengatakan, MPP Kubu Raya juga menjadi bagian dari cara pemerintah untuk membuat model dalam mengintegrasikan layanan yang cepat, mudah, murah dan transparan.

“Saya belum melihat MPP ini secara umum, tetapi hari ini saya lihat cukup ramai. Biasanya saya meninjau spot itu tanpa memberi tahu. Mudah-mudahan tanpa menteri datang pun ini (MPP Kubu Raya) sudah berjalan dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Anas berharap, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya lebih menyempurnakan lagi pelayanan di MPP. Khususnya menyediakan feedback atau umpan balik tingkat kepuasan dari masyarakat yang mendapatkan layanan di MPP Kubu Raya.

Baca Juga :  Hadiri HUT Otda di Surabaya, Pj Bupati Kamaruzaman Ungkap Arahan Mendagri

“Saya minta nanti disediakan di pintu masuk, sehingga nanti melalui sistem dapat diketahui apakah baik, kurang baik, puas, atau tidak puas,” kata Anas.

Selain itu, Menteri Anas juga meminta kepada seluruh petugas untuk selalu mengenakan tanda pengenal agar masyarakat bisa mengetahui terutama terkait sifat dan karakter pelayanan dari petugas yang melayani.

“Saya berharap nanti setiap yang melayani ada namanya. Sehingga nanti meskipun orang tidak kenal minimal tahu namanya,” tuturnya.

MPP Kubu Raya merupakan satu dari 14 MPP di Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Abdullah Azwar Anas pada 13 Juli 2023 lalu di Aula Kementerian PANRB, Jakarta.

Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengaku bersyukur lantaran di sela agenda menghadiri Musrenbang Provinsi Kalimantan Barat, Menteri Anas menyempatkan diri untuk meninjau MPP Kubu Raya.

Baca Juga :  Kamaruzaman Luncurkan Gerakan Tanam Cabai di Terentang

“Menteri PANRB bukan hanya meninjau loket layanan di MPP ini, tapi juga melihat dari infrastruktur pendukung seperti toilet. Alhamdulillah secara umum beliau menilai MPP kita termasuk MPP yang baik, bagus,” ujar Kamaruzaman.

Kendati demikian, kata Kamaruzaman, ada beberapa pesan dari Menteri Anas untuk menyempurnakan MPP demi meningkatkan layanan kepada masyarakat, yakni menyediakan saluran informasi terkait indeks kepuasan masyarakat berupa feedback atau umpan balik yang disampaikan oleh masyarakat.

“Menindaklanjuti arahan dari Pak Menteri, ini akan segera kita siapkan,” kata Kamaruzaman.

Lebih lanjut Kamaruzaman mengungkapkan, Menteri PANRB juga meminta dan berharap agar MPP Kubu Raya dapat melakukan pelayanan secara digitalisasi yang terintegrasi, sehingga pelayanan bisa komprehensif. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment