Safari Ramadhan, Bupati Muda Targetkan 2020 Empat Kecamatan di Kubu Raya Saling Terhubung

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat memimpin safari Ramadhan Pemkab Kubu Raya tahun 2019
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat memimpin safari Ramadhan Pemkab Kubu Raya tahun 2019 (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Di hari ke-8 Ramadhan, rombongan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melakukan safari Ramadhan di sejumlah desa yang tersebar di-9 Kecamatan Kubu Raya. Adapun daerah pertama yang dikunjungi rombongan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yakni Desa Pematang 7, Kecamatan Rasau Jaya, Senin (13/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, melalui momen Ramadhan tahun ini dirinya bersama Wakil Bupati Sujiwo dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sedang menata kembali proses pembangunan di daerah ini.

“Yang mana masalah infrastruktur di Kecamatan Rasau Jaya ini tentulah harus dibenahi lebih cepat. Makanya kita ambil strategi yang lebih efektif supaya ini permanen kedepannya bisa lebih lama dirasakan langsung manfaatnya,” ungkap Bupati Muda saat menghadiri safari Ramadhan di Desa Pematang 7, Kecamatan Rasau Jaya.

Bupati Muda juga akan mengupayakan pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan empat Kecamatan di antaranya Kecamatan Rasau Jaya, Kecamatan Sungai Kakap, Kecamatan Teluk Pakedai dan Kecamatan Sungai Raya ini tetap dimasukkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kubu Raya yang akan diselesaikan pada tahun 2020 mendatang.

“Insya Allah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga akan mengambil alih jalur ini. Makanya pada saat saya menjabat Bupati pertama dulu tahun 2008-2013 saya langsung membangun jalan ini. Namun ke depannya kita akan utamakan pembangunan jalan ini, karena jalan yang menghubungkan empat kecamatan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat,” paparnya.

Selain masalah infrastruktur, pada kesempatan Safari Ramadhan itu, Muda Mehendrawan menuturkan pada era kepemimpinan Muda-Jiwo telah melakukan kebijakan dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan peningkatan di sektor pendidikan.

“Untuk sektor kesehatan, kami telah menambah jumlah peserta BPJS dari sebelumnya hanya 5 ribu peserta, namun pada tahun 2019 ini kami telah menambah menjadi 37 ribu peserta BPJS yang diharapkan mampu mengakomodir jumlah masyarakat miskin di daerah ini agar mendapatkan layanan kesehatan yang layak dari BPJS. Untuk tahun 2020 mendatang akan kita tambah lagi menjadi 70 ribu peserta BPJS dan pada tahun selanjutnya akan kita tambah lagi menjadi 100 ribu masyarakat miskin yang akan mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS ini,” tuturnya.

Untuk sektor pendidikan, Pemerintah Kabupaten juga sudah menggulirkan kembali program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) dengan memberikan seragam Sekolah gratis bagi anak-anak SD dan SMP yang baru masuk sekolah.

“Program ini kita lakukan kembali, karena saya melihat setiap menjelang tahun ajaran baru, tentunya sangat berat bagi setiap orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Makanya dengan adanya program Bosda ini, diharapkan mampu meringankan beban orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya,” jelasnya.

Kegiatan Safari Ramadhan berlangsung di Masjid Al-Huda Desa Pematang 7 turut dihadiri Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam selain itu Bupati Muda Mahendrawan yang didampingi istri Rosalina Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo juga dihadiri sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat.

Agar dapat memberikan solusi yang tepat terhadap keluhan masyarakat dalam kegiatan tersebut dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk saling berbagi dengan memberikan bingkisan dan bantuan kepada kaum dhuafah dan fikir miskin. (ian)

Tinggalkan Komentar