Wabup Farhan Buka Kejuaraan Sumpit Dandim Cup Tahun 2022 

KalbarOnline, Ketapang – Menjelang HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 1203/Ktp menggelar berbagai rangkaian kegiatan salah satunya “Kejuaraan Sumpit Dandim Cup Tahun 2022” yang dilaksanakan di Lapangan Makodim 1203 Ketapang, Sabtu (24/9/2022).

Kejuaraan Sumpit Dandim Cup Tahun 2022 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Dalam sambutanya, beliau menyampaikan, sumpit merupakan senjata khas Kalimantan yang merupakan warisan masyarakat Dayak yang dulunya digunakan untuk berburu binatang dan alat pertahanan diri, juga dikenal sebagai alat kelengkapan para ksatria.

“Seiringnya waktu, sumpitan tidak lagi digunakan sebagai senjata tradisional, melainkan telah diangkat menjadi salah satu jenis permainan tradisional dan sudah tercatat di Kemendikbud Republik Indonesia sebagai warisan budaya,” jelasnya. 

Baca Juga :  Hadir Sosialisasi Kinerja BPH Migas, Wabup Farhan Harap Ini Jadi Masukan dan Aspirasi Terkait Penyaluran BBM di Ketapang

Lebih lanjut Farhan menyatakan, Pemerintah Kabupaten Ketapang menyambut baik dan mendukung secara penuh diselenggarakannya kejuaraan sumpit ini.

“Besar harapan agar kejuaraan ini dapat meningkatkan kepedulian, kecintaan dan kesungguhan serta kebanggan pada olahraga-olahraga tradisional, dengan demikian olahraga ini tidak akan punah dan terus terjaga sebagai sebuah aset budaya,” ujarnya.

Pada Kesempatan tersebut, Farhan juga mengucapkan Dirgahayu ke-77 TNI Tahun 2022.

“Semoga TNI terus maju, profesional dan selalu bersama dengan rakyat serta menjadi garda terdepan penjaga kedaulatan NKRI. TNI adalah kita”, serunya.

Sementara itu Dandim 1203/Ktp, Letkol Inf Alim Mustofa menyampaikan, Kejuaraan Sumpit Dandim Cup Tahun 2022 ini merupakan kerjasama dengan Dispora Ketapang serta Lanal Ketapang.

Baca Juga :  Martin-Farhan Panen Perdana Padi di Kawasan Agro Foresta Pertanian Terpadu Desa Fokus di Dusun Impala

Beliau juga mengatakan, kalau kejuaraan sumpit tradisional ini merupakan salah satu wujud pelestarian budaya bangsa, menjadikan olah tradisional sebagai alat pemersatu bangsa, sehingga menjadi identitas bangsa yang berskala internasional.

“Tentunya hal ini sejalan dengan fungsi utama dari pembinaan teritorial, Kodim 1203/ktp dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Dandim Ketapang turut mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara serta semua pihak yang telah mendukung, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. 

“Selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, unsur Forkopimda Ketapang, Pimpinan OPD Ketapang, Ketua DAD Kabupaten Ketapang, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat. (Adi LC)

Comment