Meriahkan Rangkaian Napak Tilas Ketapang, 30 Tim Ikuti Lomba Dayung Danlanal Cup

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023 dan Napak Tilas Tahun 2023, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ketapang mengadakan Lomba Dayung Perahu Naga “Open Turnamen Danlanal Cup”, pada Minggu (22/10/2023), di Dermaga Taman Merdeka Ketapang.

Mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang, Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P) Ivan Halim berharap, peringatan HUT TNI ke-78 dan Napak Tilas Tahun 2023 di Kabupaten Ketapang dapat dijadikan semangat agar dapat bekerja lebih baik dan menghasilkan karya nyata demi adanya perubahan bagi masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Kegiatan lomba dayung ini bertujuan untuk menunjukkan dan menggambarkan rasa semangat perjuangan pantang menyerah sekaligus hiburan kepada kita semua, sehingga mempunyai nilai sosial kepada masyarakat, mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk terus menjaga kelestarian sungai dan lebih meningkatkan rasa persaudaraan, serta bisa menyaring dan menciptakan bibit atlet dayung dari Provinsi Kalimantan Barat, ujarnya.

Open Turnamen Dayung Danlanal Ketapang tahun 2023 memiliki makna yang sangat penting dalam meningkatkan kecintaan olahraga bahari yang ada di Kabupaten Ketapang, khususnya dan Provinsi Kalimantan Barat pada umumnya.

Baca Juga :  BGA Group Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Kecamatan Nanga Tayap

“Seperti kita ketahui bersama bahwa olahraga merupakan kompetisi yang tentunya harus selalu menjunjung tinggi sportivitas di lapangan serta dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi, sehingga harmonisasi keakraban dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik tanpa mengesampingkan semangat berkompetisi,” ucapnya.

Sementara itu Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal XII, Letkol Laut (P) Abdul Rajab Bodro mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta tim Dayung Perahu Naga Kabupaten Ketapang serta tim Dayung Perahu Naga yang berasal dari kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Dansatrol berharap, dengan kehadiran tim-tim pada kejuaraan ini melahirkan pendayung yang berbakat.

“Dalam perkembangan olahraga dayung di Kabupaten Ketapang, Tim Dayung Perahu Naga putra Kabupaten Ketapang pernah berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Ketapang di ajang internasional yaitu pada Kejuaraan Dayung Perahu Naga Internasional di Labuan Malaysia, di mana Tim Dayung Perahu Naga Kabupaten Ketapang berhasil meraih Juara 1 di ajang tersebut,” terangnya.

Baca Juga :  58 Peserta Ikuti Kejuaraan Menembak Melawi Cup 2022

Dansatrol berharap, dengan adanya kejuaraan Dayung Perahu Naga untuk memperebutkan Piala Bergilir Danlanal Kabupaten Ketapang Tahun 2023 ini memberikan semangat dan motivasi kepada para atlet pecinta olahraga dayung yang ada di Kabupaten Ketapang, dan dapat melahirkan atlet dayung yang berpotensi yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Ketapang.

“Kepada seluruh peserta Kejuaraan Dayung Perahu Naga saya ucapkan selamat bertanding dan saya berpesan kepada seluruh peserta untuk meningkatkan rasa kebersamaan,” tutupnya.

Para peserta yang mengikuti open turnamen ini berjumlah 30 tim yang terdiri dari 5 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, antara lain yaitu dari Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Sambas dan Ketapang. Selain itu juga ada klub dayung kecamatan di Kabupaten Ketapang dan 7 tim eksibisi.

Open turnamen akan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 22 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2023, dengan menggunakan 3 perahu dalam satu pertandingan para peserta akan menempuh jarak sejauh 500 meter. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment