Launching Pilgub Kalbar 2024, Ketua KPU RI Ajak Masyarakat Berpartisipasi

KalbarOnline, Pontianak – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat melakukan launching Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2024 di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Rabu (01/05/2024) malam.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari yang hadir dalam kegiatan tersebut mengajak masyarakat Kalimantan Barat untuk mensukseskan pilkada 2024 yang akan diselenggarakan pada 27 November mendatang.

“Kepada masyarakat Kalimantan Barat kami memohon untuk berpartisipasi aktif, diantaranya dalam kegiatan pendaftaran pemilih, karena warga yang dapat hadir memilih yang terdaftar di daftar pemilih. Oleh karena itu nanti pada saatnya KPU kabupaten/kota beserta tim akan mendatangi rumah bapak ibu dalam rangka pemutakhiran dan pendaftaran pemilih untuk keperluan pilkada serentak,” ujarnya.

“Saya ingin mengajak, sebagai warga bangsa yang beragam dan memilih dengan tujuan yang sama yaitu untuk memilih pemimpin yang akan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat terutama di Kalbar,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Syarifudin Budi mengungkapkan, tingkat partisipasi di Kalbar pada pemilu 2024 lebih dari 82 persen di atas rata-rata nasional.

Baca Juga :  Porprov ke-XIII Merupakan Ajang Penjaringan Atlet untuk Kancah Nasional

“Dengan riang gembira tentu kita ingin menularkan semangat yang sama bagaimana tahapan pemilu selama 20 bulan bisa kita transfer pada Pilkada 2024, pada Rabu 27 November kita hadir di tempat pemungutan suara dengan hati yang gembira. Siapapun yang jadi pilihan kita untuk memastikan pemimpin kita bertanggung jawab pada hidup kita 5 tahun ke depan,” tutur Budi.

 

Penampilan Andra and The Backbone. (Foto: Indri)

Oleh karena itu, lanjut Budi, pihaknya memohon doa dan dukungan supaya KPU Kalbar dapat bekerja dengan kredibel, jujur, bersama seluruh badan ad hoc yang jumlahnya hampir 150 ribu orang yang terlibat pada hari H nanti.

“Mari dengan semangat kebersamaan, dengan harmoni dan keberagaman sukseskan Pilkada Kalbar 2024 demi nasib kita lebih baik di 5 tahun yang akan datang,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyebut, kegiatan launching ini menjadi momentum awal dimulainya tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat 2024, serta menjadi bukti kesiapan dan adanya komitmen yang sama bagi semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang aman dan damai serta dapat sesuai dengan asas pemilu luber jurdil.

Baca Juga :  Para Menteri dan Pemda Harus Maksimalkan Teknologi untuk Olah Data

“Tahapan Pilkada ini adalah tahapan pesta demokrasi. Kalau yang namanya pesta demokrasi maka harus penuh dengan suka cita, penuh kegembiraan dan jalinan silaturahmi kekeluargaan yang terus kita tingkatkan,” kata Harisson.

“Boleh berbeda pendapat, boleh berbeda pilihan, tetapi kita harus semangat terus untuk menjalin silaturahmi. Jangan terpecah belah,” tegasnya.

Kegiatan launching tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar ini juga dimeriahkan dengan penampilan Andra and The Backbone untuk menghibur masyarakat Kalbar. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment