RPK Center Bulog Diharapkan Jadi Pengendali Harga Sembako di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Cabang Ketapang meresmikan outlet Rumah Pangan Kita (RPK) Center di kantor Bulog ketapang, Senin (19/09/2023).

Peresmian RPK Center ini turut dihadiri Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan serta Asisten II Setda Ketapang dan Kabag Ekbang.

RPK Center Bulog ketapang ini dibuat sebagai toko penyeimbang harga yang merupakan program dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Ketapang.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Maryadi Asmu’ie menjelaskan, kalau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menyambut baik program RPK dari BULOG Kancab Ketapang. Menurutnya, dengan dibukanya RPK dapat membantu TPID Kabupaten Ketapang dalam mengontrol distribusi bahan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan.

“Kami menyambut baik upaya dari Bulog Kancab Ketapang dalam rangka penyediaan bahan pokok penting yang bisa terjangkau oleh pegawai maupun masyarakat. Mudah-mudahan ini menjadi solusi jangka pendek dan jangka panjang, bagaimanapun bahan pokok sangat penting,” ujarnya kepada wartawan usai kegiatan.

Baca Juga :  Jalan Sungai Awan-Tanah Merah Akan Segera Dibangun

Sementara itu, Kepala Cabang Perum Bulog Ketapang, Riza Wahyudi mengatakan, pembukaan RPK ini sebagai komitmen bulog untuk berpartisipasi sebagai tim TPID Kabupaten Ketapang. Dengan adanya RPK ini diharapkan Kabupaten Ketapang dapat menekan harga sembako tetap pada harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Hal ini tujukan agar masyarakat bisa menjangkau harga sesuai dengan HET. Inikan sebagai toko penyeimbang, harga di bulog tidak selalu termurah, tapi Insya Allah terstabil,” terangnya.

Riza menjelaskan kalau RPK selain sebagai penyeimbang dan juga sebagai pengendali inflasi ketika harga tidak stabil dan tidak sesuai HET, dimana bulog akan menjadi pengendali harga agar investor dan konsumen dapat menyesuaikan pengeluarannya.

Baca Juga :  Maryadi Asmui Buka Konsultasi Publik Laporan Akhir dan Penjamin Kualitas KLHS RPJPD Kabupaten Ketapang 2025 - 2045

“Fungsi kita untuk menjaga inflasi agar harganya tetap stabil sesuai HET, di saat kelangkaan atau di saat lagi surplus barang, harganya kita usahakan supaya stabil sehingga baik masyarakat selaku end user atau konsumen bisa mengkalkulasi pengeluaran serta dari kawan-kawan pedagang pun bisa mengkalkulasi,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin berbelanja bahan sembako di RPK Bulog, pihaknya mempersilahkan untuk datang langsung ke kantor Perum Bulog Subdivre Ketapang di jalan Jend. Sudirman nomor 57, Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang.

“Untuk sistem pembelian masyarakat bisa langsung datang ke sini. Selain ada di outlet ini juga ada RPK yang tersebar di pasar serta beberapa di daerah di sekitar masyarakat,” tutup Riza. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment