Staf Ahli Ekbang Buka Rakor Baznas dan Halal Bihalal

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Darma membuka rapat koordinasi dalam rangka Evaluasi, Sosialisasi dan Penyusunan Laporan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ketapang Tahun 2024, di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, Senin (22/04/2024).

“Rapat koordinasi ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas para amil zakat dalam mengelola zakat infak dan sedekah juga pendistribusian dan pendayagunaan,” ujar Darma membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Lebih lanjut menurutnya, kegiatan ini menjadi penting dan strategis terutama untuk mencapai sinergitas program pengelolaan zakat yaitu meningkatkan pelayanan zakat dengan memberikan respon cepat khususnya kepada mustahik dengan lebih memperhatikan pengelolaan zakat, infak dan sedekah.

Baca Juga :  Apresiasi Pengelolaan Pajak, KPP Pratama Ketapang Berikan Penghargaan

“Agama Islam telah memberikan salah satu solusi untuk pengentasan kemiskinan yaitu melalui zakat. Zakat merupakan salah satu cara dan kebijakan yang dapat membuat umat Islam menjadi umat yang sejahtera dan mandiri,” jelasnya.

Dengan demikian menurutnya, zakat akan memberikan dampak yang sangat positif dalam membantu pemerintah mengurangi kemiskinan. Hal ini dapat terwujud karena dalam zakat telah jelas siapa yang berhak menerima zakat.

“Pada momentum ini, saya berharap dan optimis bahwa pengurus baznas mampu berperan aktif untuk peduli terhadap masyarakat yang kurang mampu serta mampu menjalankan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam mempercepat pengentasan kemiskinan,” ucapnya.

“Semoga dengan rakor ini, dapat menjadikan pengurus baznas untuk terus menunjukkan kiprahnya sebagai lembaga yang amanah dan profesional dalam menjalan tugas mulia mengelola zakat, infaq dan sedekah,” katanya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Farhan Hadiri Pelantikan DPD KNPI Kabupaten Ketapang

“Sehingga zakat, infaq dan sedekah yang dikumpulkan dari para muzakki benar-benar menjadi solusi untuk memberdayakan para umat untuk menunaikan kewajibannya sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Darma.

Selanjutnya, dalam kegiatan juga diserahkan piagam penghargaan kepada Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang untuk kategori Pelaporan dan Pengelolaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terbanyak tingkat masjid, untuk tingkat sekolah yaitu SDN 05 Delta Pawan, dan tingkat surau yaitu Surau Al-Hidayah.

Selain itu, diberikan juga piagam penghargaan Baznas Ketapang kepada Bank Kalbar Syariah dan Bank Syariah Indonesia (BSI) Ketapang. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment