Lepas 71 CJH Kayong Utara Menuju Jeddah, Ini Pesan Bupati Citra

KalbarOnline, Sukadana – Bupati Kayong Utara, Citra Duani secara resmi melepas 71 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kayong Utara yang masuk kloter 30 menuju embarkasi Batam, di Masjid Agung Oesman Al Khair, Sukadana, Minggu (18/06/2023).

Diketahui, berdasarkan SK Gubernur Kalimantan Barat, Kabupaten Kayong Utara hanya mendapat kuota sebanyak 70 orang CJH. Namun, adanya tambahan kuota sebanyak 9 orang CJH sehingga total keseluruhan CJH Kabupaten Kayong Utara menjadi 79 orang.

Kemudian, jamaah yang berangkat dari Kayong Utara terbagi menjadi dua kloter. Yakni, sebanyak 6 orang berada di kloter 28 dan 71 orang di kloter 30, sedangkan 2 orang CJH melakukan mutasi (perpindahan keberangkatan) dari Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Citra menyampaikan ibadah haji sebagai wahana untuk introspeksi dan evaluasi diri tentang sejauh mana kualitas keimanan serta ketakwaan kita serta kepedulian terhadap kehidupan sosial disekitar.

Untuk itu, Bupati Citra berharap para CJH Kabupaten Kayong Utara dapat memahami setiap makna baik yang tersirat maupun tersurat dari rangkaian kegiatan ibadah haji.

Baca Juga :  Dualisme AMPHURI, Kemenag Sebut Tak Ganggu Layanan Pelayanan Umrah

“Sehingga setelah selesai menunaikan ibadah haji, menjadi haji yang mabrur serta berdaya guna bagi masyarakat di sekitar, dan yang tidak kalah pentingnya selama berada di tanah suci, jemaah haji Kabupaten Kayong Utara tetap menjaga nilai-nilai ukhuwah islamiyah,” ungkapnya.

Bupati Citra juga memberikan beberapa pesan kepada para CJH Kabupaten Kayong Utara, salah satunya untuk tetap menjaga kesehatan.

“Kemudian, perkokoh rasa ukhuwah islamiyah terhadap sesama jemaah haji, karena ibadah haji bukan semata-mata berhubungan antara manusia dengan sang pencipta, tetapi ibadah haji sarat dengan nilai-nilai sosial kemasyarakatan,” ucap Bupati Citra.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara, Sudirmansyah mengatakan, sejauh ini persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 di Kabupaten Kayong Utara sudah mencapai 99 persen.

Baca Juga :  Menanti Kabar Haji 2021

Insya Allah sampai saat ini baik kloter 28 maupun 30, sudah 99 persen, tinggal proses berangkat,” ujarnya.

“Sebanyak 71 jamaah diberangkatkan menggunakan dua buah speedboat. Siang jamaah tiba di Pontianak kemudian besoknya tanggal 19 Juni 2023 jamaah yang tergabung kloter 30 khususnya jamaah Kayong Utara ini akan diberangkatkan flight pertama jam 1.30 siang,” katanya.

Insya Allah akan tiba di embarkasi Batam sekitar pukul 4 sore dan malam sudah memasuki asrama haji Batam. Selanjutnya kembali didorong ke Jeddah pada tanggal 20 Juni 2023 pukul 9.30 malam sesuai jadwal petugas penyelenggara ibadah haji PPIH embarkasi Batam,” sambung Sudirmansyah.

Lebih lanjut, Sudirmansyah berharap dan turut mendoakan agar seluruh jemaah haji Kabupaten Kayong Utara dan Indonesia pada umumnya diberikan kemudahan, kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji. (Santo/Prokopim)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment