Pemkab Kayong Utara Gelar Upacara Hardiknas 2023, Bupati Citra: Bebas Berinovasi Melalui Platform Merdeka Belajar

KalbarOnline, KKU – Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, Pemkab Kayong Utara mendorong para guru untuk berlomba-lomba berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Belajar.

Hal itu disampaikan Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat menjadi inspektur upacara di halaman Dinas Pendidikan Kayong Utara, Kecamatan Sukadana, Senin (08/05/2023).

Citra juga menegaskan kepada guru-guru yang dulu diikat sebagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

“Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan untuk menyumbangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Kayong Utara Lantik 175 PPPK Kesehatan dan Tenaga Medis
Upacara Hardiknas 2023 di Dinas Pendidikan Kayong Utara, Senin (08/05/2023). (Foto: Santo)
Upacara Hardiknas 2023 di Dinas Pendidikan Kayong Utara, Senin (08/05/2023). (Foto: Santo)

Bupati Citra menambahkan, pada jenjang perguruan tinggi negeri maupun swasta, dengan hadirnya program Kampus Merdeka, mahasiswa sekarang lebih bebas mencari berbagai pengetahuan serta pengalaman di luar kampus melalui organisasi maupun komunitas.

“Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulunya hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus, dengan hadirnya program Kampus Merdeka,” ucapnya.

Kemudian, di momen Hardiknas ini, dirinya berharap bahwa dengan gerakan merdeka belajar, sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semangat serta merefleksikan kembali semua tantangan.

Baca Juga :  Pemkab Kayong Utara Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

“Saudara-saudariku mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan merdeka belajar, transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semangat. Karena semuanya adalah hasil kerja keras dan kerja sama kita,” tukasnya.

“Hari pendidikan nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi,” tutup Bupati Citra. (Santo)

Comment