Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2023

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2023 di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Selasa (07/02/2023).

Apel gelar pasukan yang mengangkat tema ”Keselamatan Berlalu Lintas yang Pertama dan Utama” itu dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, Kasatpol PP, perwakilan dari Jasa Raharja, Kadis Perhubungan, Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Hilman Malaini, para PJU Polres Kapuas Hulu serta diikuti personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas Hulu.

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2023 diawali dengan penghormatan pasukan kepada inspektur apel yang dipimpin oleh komandan apel. Setelahnya dilanjutkan dengan laporan komandan apel dan penyematan pita tanda dimulainya operasi kepada personel perwakilan Polisi Militer (PM), personel Satuan Lalu Lintas Polres Kapuas Hulu dan personel dari Dishub Kabupaten Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu saat membacakan amanat Kapolda Kalbar, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menyampaikan, apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2023 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat mabes hingga kesatuan kewilayahan.

Selanjutnya kapolres menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai cipta kondisi menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H, dan tujuan operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas. 

Baca Juga :  Resmi Jabat Kapolda Kalbar, Ini Penilaian Sutarmidji Terhadap Didi Haryono

“Menjelang Bulan Suci Ramadhan tentunya akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat, baik saat ibadah puasa dan perayaan Idul Fitri 1444 H/2023, ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan gangguan kamseltibcar lantas, baik ambang gangguan maupun gangguan nyata yang berpotensi terjadinya kemacetan, pelanggaran dan laka lantas,” kata AKBP France.

Ia menyampaikan, Operasi Keselamatan 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 7 Februari 2023 sampai dengan tanggal 20 Februari 2023, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penindakan pelanggaran lantas, baik nyata maupun kasat mata menggunakan etle statis dan mobile dengan menggunakan blangko teguran.

“Kita lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan deteksi dini, lidik, pengamanan serta pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan serta meningkatkan pembinaan, penyuluhan, edukasi dan penerangan kepada masyarakat,” katanya.

“Hal itu dalam rangka menumbuhkan kesadaran pada masyarakat agar tertib berlalu lintas, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan merayakan Idul Fitri 1444 H/2023 dengan rasa aman dan nyaman,” sambung kapolres.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Hidayat Dorong Peran Strategis BUMDes Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Disampaikan kapolres lagi, adapun target Operasi Keselamatan Kapuas-2023 yaitu pengemudi kendaraan melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan HP saat berkendara, mengemudikan kendaraan roda dua dengan berboncengan lebih dari dua orang, motor tidak sesuai standar peruntukan dan laik jalan sesuai undang-undang.

AKBP France berharap, seluruh kepala kesatuan wilayah jajaran Polda Kalbar agar menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan baik kamtibmas maupun kamseltibcarlantas yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.

” Hal itu sebagai perwujudan visi Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (presisi),” harap Kapolres Kapuas Hulu saat membacakan amanat Kapolda Kalbar.

Sebelum mengakhiri amanat ini, kapolres mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Kapuas 2023. 

“Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. (Ishaq)

Sumber: Humas Polres Kapuas Hulu/JS.

Comment