Wabup Wahyudi Harap Penyuluh dan Penghulu Sesuaikan Diri dengan Perkembangan Teknologi

Wabup Wahyudi Harap Penyuluh dan Penghulu Sesuaikan Diri dengan Perkembangan Teknologi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menghadiri acara pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kapuas Hulu masa bhakti 2021-2025 yang dilaksanakan Kantor Kemenag Kapuas Hulu di Gedung MABM Kapuas Hulu, Senin, 25 Oktober 2021.

Ketua APRI Kapuas Hulu Muhammad Yusuf mengatakan, penghulu kedepannya harus mengedepankan wawasan dan profesionalitas dalam berkerja. APRI adalah wadah penghulu memperjuangkan aspirasinya.

“Semoga penghulu bisa berkarya mewujudkan citra dan membawa marwah yang baik bagi Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu,” katanya.

Kata Muhammad Yusuf, APRI Kapuas Hulu punya prinsip sendiri. Pertama, bersinergi dengan seluruh organisasi termasuk pemerintahan. Kedua, bersatu dalam paham pendapat dan kebijakan dalam pelayanan. Ketiga, bersemangat apapun kondisi dan tantangan di lapangan. Keempat, hebat dalam artian mendukung visi misi Kepala Daerah Kapuas Hulu. Kelima, APRI tetap mengedepankan kata ‘SAH’ artinya menolak pernikahan ilegal harus sesuai perundang-undangan berlaku.

Baca Juga :  Tutup Porseni 2017 Tingkat Kabupaten Kapuas Hulu, Wabup: Jangan Mudah Berpuas Hati, Terus Berlatih Siapkan Diri

“Ini prinsip APRI Kapuas Hulu,” kata Yusuf.

Sementara Wabup Wahyudi Hidayat mengatakan, pentingnya peran penghulu dan penyuluh agama dalam kehidupan masyarakat. Selain terkait penugasan, mereka juga adalah panutan masyarakat.

“Sebab itu saya minta bantu agar melayani dengan baik dan ikhlas masyarakat kita di Kapuas Hulu ini,” ujarnya.

Bagi penyuluh agama, Wahyudi, mengajak untuk dapat melakukan pembinaan keagamaan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan pemanfaatan platform digital.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Hidayat Buka Turnamen Bulu Tangkis PB Garuda

“Kegiatan penyuluh agama perlu dilakukan dengan baik sesuai perkembangan teknologi. Penyuluhan dapat kedepankan aspek keagamaan dalam membina kaum milenial,” katanya.

Wahyudi juga berharap agar penghulu dan penyuluh agama dapat sejalan dengan Pemda Kapuas Hulu. Khususnya dalam membina masyarakat terkait dengan program pemerintah, baik itu dari sisi keagamaan juga dari sisi lainnya.

“Saya berharap dan minta tolong dengan bapak penghulu dan penyuluh agama agar kedepan terus bangun koordinasi dengan semua pihak untuk sukseskan program dan kegiatan. Mereka adalah panutan, ucapannya didengar masyarakat,” katanya.

Comment