Babinsa Limpang Kodim 1203/Ktp Bantu Petani Wujudkan Ketahanan Pangan

Babinsa Limpang Kodim 1203/Ktp Bantu Petani Wujudkan Ketahanan Pangan

KalbarOnline, Ketapang – Bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam mewujudkan ketahanan swasembada pangan merupakan tugas dan fungsi prajurit TNI di luar tugas perang.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1203-11/Jelai Hulu jajaran Kodim 1203/ Ketapang saat melakukan panen padi bersama petani di wilayah binaannya di Dusun Benatu, Desa Limpang, Kecamatan Jelai Hulu, Kabupaten Ketapang, Sabtu (29/5/2021).

Baca Juga :  Bina kemanunggalan TNI-Rakyat Babinsa Penjala'an Kodim 1203/Ktp Bantu Warga Bangun Jalan Swadaya

Babinsa sebagai aparat teritorial sudah seharusnya hadir di tengah-tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Babinsa Limpang, Praka Basuki yang tak canggung turun langsung ke sawah untuk membantu warganya yang sedang memanen padi.

“Kebersamaan di sawah kiranya dapat menciptakan rasa kekeluargaan dan kedekatan dengan warga binaan,” ujar Praka Basuki.

Ia berharap dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan.

Baca Juga :  Babinsa Bersama Satgas PPKM Mikro Desa Padang Disinfeksi Rumah Ibadah: Cegah Penyebaran Virus Corona

Dalam kesempatan itu pula, Babinsa mengajak petani agar bercocok tanam tanpa harus membakar. Karena dampak membuka lahan dengan cara dibakar berpotensi akan menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan menimbulkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar bagi lingkungan. (Adi LC/Pendim 1203)

Comment