by

Kemenag: Isu Belum Bayar Biaya Akomodasi Haji ke Arab Saudi Keliru

KalbarOnline.com – Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Oman Fathurahman memastikan bahwa Indonesia tidak mempunyai utang akomodasi jamaah ke Arab Saudi. Penegasan ini disampaikan Oman menyusul beredarnya berita bahwa jamaah haji Indonesia ditolak Saudi karena belum bayar bea akomodasi.

“Informasi Indonesia belum bayar akomodasi jamaah jelas keliru dan menyesatkan. Jamaah haji Indonesia juga tidak pernah ditolak Arab Saudi,” tegas dia dalam keterangannya, Kamis (18/2).

Kata Oman, Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan manajemen penyelenggaraan haji terbaik di dunia. Jadi, tidak mungkin Indonesia belum membayarkan akomodasi haji kepada Arab Saudi.

Menurutnya, ini juga tentu tidak terlepas dari manajemen pengelolaan haji yang baik dalam segala aspek, termasuk dalam proses pengadaan layanan di Arab Saudi, baik transportasi, katering maupun akomodasi.

“Indonesia itu terbaik dalam manajemen penyelenggaraan ibadah haji. Itu diakui banyak negara, dan tidak sedikit dari mereka yang melakukan studi banding,” ujar Oman.

Comment

Terbaru