Satu Lagi Jemaah Haji Asal Kalbar Meninggal Dunia di Mekkah

KalbarOnline, Pontianak – Satu orang jemaah haji asal Provinsi Kabar, Indonesia, dikabarkan meninggal dunia saat sedang dalam proses menjalankan ibadah haji di kota suci Mekkah pada musim haji 2023.

Jemaah tersebut bernama Mastur Rusman Sulaiman, pria berusia 71 tahun asal Kabupaten Kubu Raya, ia tergabung dalam kloter 28 dengan nomor paspor C6891731. Mastur Rusman dinyatakan meninggal dunia setelah mendapat serangan jantung.

“Yang bersangkutan diagnosa dalam Sikohatkes menderita senility. Sementara diagnosa penyebab meninggalnya ialah Acute Myocardial Infarction atau serangan jantung,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kalbar, Harrison, Senin (10/07/2023).

Lebih lanjut Harisson menyampaikan, Mastur Rusman meninggal dunia di Rumah Sakit King Faisal, Mekkah, pada pukul 07.44 WAS tanggal 10 Juli 2023. Pemulasaran jenazah selanjutnya didampingi oleh Ketua Rombongan, TKHI dan TPIHI.

Baca Juga :  Bupati Aron Sayangkan Aksi Demo Berujung Anarkis di Kantor Camat Mahap

Pria yang menjabat selaku Sekda Kalbar itu juga menceritakan kronologis singkat yang dialami Mastur Rusman sehari sebelum kematiannya atau pada tanggal 9 Juli 2023. Di mana kepada sang istri, yang bersangkutan telah mengeluhkan rasa tidak enak atau nyeri di dada dan sesak jika melakukan aktivitas.

“Penyakit hipertensi dan lainnya yang mengarah ke jantung disangkal oleh istri yang bersangkutan. Tanggal 10 Juli 2023 pukul 06.30 WAS, yang bersangkutan dilaporkan oleh istri tidak sadarkan diri di atas tempat tidur, setelah sebelumnya buang air kecil dan dibantu oleh istrinya,” kata Harisson.

Baca Juga :  Ada Sanksi Pidana Hukum Bagi Yang Melecehkan Hakim dan Peradilan, Ini Pejelasan Kasubag Advokasi KY

Pada pukul 06.35 WAS, petugas kesehatan kloter 28 langsung melakukan tindakan RJP dan membawa Mastur Rusman ke Rs King Faisal menggunakan ambulance sektor.

“Pukul 07.00 WIB yang bersangkutan dirujuk ke RS King Faisal, dilakukan upaya RJP gagal dan yang bersangkutan dinyatakan meninggal dengan diagnosa Acute Myocardial Infarction (AMI) pukul 07.44 WAS,” tutup Harisson.

Berdasarkan data yang dihimpun, total jumlah jemaah haji asal Kalbar yang meninggal dunia sampai tanggal 10 Juli 2023 tercatat ada 8 orang, diantaranya:

  1. Kloter 26 : 2 orang
  2. Kloter 29 : 2 orang
  3. Kloter 31 : 1 orang
  4. Kloter 25 : 1 orang
  5. Kloter 30 : 1 orang
  6. Kloter 28 : 1 orang

Penulis: M Jauhari Fatria

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment