Bantu UMKM Tumbuh, Facebook Luncurkan Fitur Facebook Shops

KalbarOnline.com – Selama masa pandemi yang telah berlangsung lebih dari enam bulan ini, proses transformasi digital yang tadinya diprediksi akan terjadi dalam 5–10 tahun kedepan, tiba-tiba berjalan dengan sangat cepat. Betapa tidak, hampir semua sektor saat ini begitu bergantung pada aspek digital tak terkecuali pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar tetap bisa survive.

Melihat hal tersebut, Facebook kembali menghadirk produk dan fitur yang diklaim bisa mendukung UMKM menghadapi cepatnya proses transformasi digital ini. Adapun yang dilakukan Facebook adalah dengan menghadirkan Facebook Shops, sebuah produk lintas platform dimana pelaku UMKM dapat mendirikan toko online mereka secara kreatif dan dapat diakses oleh konsumen baik di aplikasi Facebook maupun Instagram.

Baca Juga :  Sutarmidji: Kalbar Sudah Aman, Jangan Sampai Ada Lagi Pertikaian Apapun

Pieter Lydian, country director Facebook Indonesia mengungkapkan, komunitas yang berada di atas Facebook dan Instagram terhubung sangat erat dengan aktivitas jual-beli. Menurutnya, mereka ingin aktivitas ini terus digerakkan oleh interaksi yang terjadi di atas platform. 

“Kami terinspirasi dengan hal tersebut sehingga kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dari interaksi yang telah berjalan serta terus memberdayakan UMKM untuk berkembang dan bertumbuh di platform dengan berinvestasi dalam fitur dan produk di seluruh aplikasi kami yang dapat membuat pengalaman jual beli menjadi lebih bermakna dan lintas platform menjadi lebih mudah,” ujarnya dalam jumpa pers virtual pada Selasa (1/9).

Baca Juga :  Penjualan Perdana OPPO Reno3, Buka Trade-In Pengguna Lama OPPO Seri F

Dia melanjutkan, Facebook Shops sendiri merupakan fitur yang dapat memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis untuk memasarkan katalog produk mereka di Facebook dan Instagram secara bersamaan. Melalui Facebook Shops, konsumen dapat melihat seluruh produk yang ditampilkan pemilik bisnis dan menandai gambar dari produk yang disukai.

Fitur lainnya juga ditawarkan. Konsumen juga dapat menghubungi pemilik bisnis tersebut melalui Direct Message, WhatsApp atau Messenger untuk bertanya dan mendapatkan informasi produk.  (*)

Comment