Sembilan Pelajar di Ketapang Dapat Beasiswa Prestasi dari Bank Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Sebanyak sembilan pelajar di Kabupaten Ketapang, dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), mendapatkan bantuan beasiswa prestasi dari PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat atau yang lebih dikenal Bank Kalbar.

Secara simbolis, beasiswa tersebut diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Harisson didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, di Kantor Cabang Bank Kalbar Kabupaten Ketapang, Selasa (16/01/2023). Hadir dalam momen penyerahan bantuan tersebut, Direktur Kepatuhan Bank Kalbar, RSM Al Amin.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Harisson berpesan kepada para pelajar yang mendapatkan beasiswa dari Bank Kalbar untuk terus dapat memacu prestasinya di sekolah. Terutama untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang.

“Saya berpesan kepada adik-adik yang mendapatkan beasiswa terus belajar dan berprestasi menjadi SDM yang handal dan unggul dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” pesan Harisson.

Disamping menyerahkan beasiswa bagi pelajar-pelajar berprestasi, Harisson pun secara simbolis menyerahkan Kredit UMKM Skim Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Mikro (KUM Peduli). Harisson mendorong, agar Bank Kalbar dapat terus mengucurkan program KUR dan KUM Peduli ke tengah-tengah masyarakat terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :  Persiapan Tuan Rumah Rakornas Pariwisata, Harisson dan Windy Tinjau Sejumlah Lokasi di Kota Singkawang

Harisson menilai, UMKM mampu memberikan peran besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi. Sehingga, dengan bunga kredit yang rendah Bank Kalbar dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

“Saya inginnya Bank ini terus mendukung UMKM, saya pernah bilang ke Pak Direktur Utama sebenarnya kita harus ‘menyerbu’ UMKM,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Kepatuhan Bank Kalbar RSM Al Amin mengungkapkan, kalau beasiswa bagi pelajar berprestasi tersebut bersumber dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Kalbar.

“Total bantuan yang kita (Bank Kalbar) berikan sebesar Rp 18 juta bagi siswa-siswi berprestasi,” kata Al Amin.

Dirinya juga menjelaskan, beasiswa bagi pelajar berprestasi tersebut diantaranya bagi siswa SD berprestasi sebanyak tiga orang dengan masing-masing sebesar satu juta rupiah. Lalu bagi siswa SMP berprestasi sebanyak masing-masing sebesar dua juta rupiah, serta bantuan kepada siswa SMA berprestasi sebanyak tiga orang masing-masing sebesar tiga juta rupiah.

Baca Juga :  Resmi Terbentuk, IWO Kalbar Siap Hadiri Mubes

“Kita harapkan bantuan kepada pelajar berprestasi ini dapat menjadi semangat mereka untuk semakin giat lagi dalam belajar,” ucapnya.

Mengenai program KUR, lanjut Al Amin, saat ini Bank Kalbar telah mengucurkan bantuan kredit dengan total sebesar Rp 450 juta, yang diantaranya untuk usaha warung makan atas nama Rudiansyah senilai Rp 150 juta dan usaha mebel atas nama Sumiati sebesar Rp 300 juta.

Kemudian untuk program KUM peduli juga diserahkan kepada Lapiah seorang pedagang kue sebesar Rp 5 juta, serta Nuhayati untuk usaha pembuat roti senilai Rp 5 juta.

“Dengan pemberian kredit ini kita berharap dapat memperkuat kemampuan permodalan usaha untuk percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM,” ujarnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment