Persiapan Tuan Rumah Rakornas Pariwisata, Harisson dan Windy Tinjau Sejumlah Lokasi di Kota Singkawang

KalbarOnline, Singkawang – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Windy Prihastari meninjau sejumlah lokasi yang akan dikunjungi peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata 2024, di Kota Singkawang, pada Jumat (09/01/2024).

Seperti diketahui, Provinsi Kalbar dipercayai sebagai tuan rumah bagi event yang bakal diikuti oleh seluruh dinas pariwisata se-Indonesia itu. Rakornas Pariwisata 2024 ini akan berlangsung pada 22 – 24 Februari 2024.

Nantinya, kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno beserta Team Of Operator Leader dari seluruh daerah.

Adapun lokasi-lokasi di Kota Singkawang yang ditinjau Hariason dan Windy, diantaranya yakni Vihara Tri Dharma Bumi Raya Sui Kheu Thai Pak Kung, Vihara Dewi Kwan Im, dan Kampung Ecoprint Singkawang.

Kepala Disporapar Kalbar,Windy Prihastari mengungkapkan, selain mengikuti Rakornas Pariwisata, para peserta nantinya juga diajak untuk city tour, baik di Kota Pontianak maupun di Kota Singkawang.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Tutup Gawai Adat Bejujokng XIII Desa Gema Simpang Dua

“Tamu-tamu sudah kami sediakan paket city tour, bukan hanya di Kota Pontianak kami juga akan membawa ke Kota Singkawang,” ungkap Windy di sela-sela kunjungan tersebut.

Selain mengunjungi tempat-tempat menarik, khusus di Kota Singkawang, para peserta bakal disajikan pertunjukan tatung. Dimana bakal digelar Mini Festival Cap Go Meh.

“Sebenarnya salah satu event budaya kita yakni festival Cap Go Meh sudah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), tetapi karena kita sedang memasuki tahapan pemilu dan kita mengkhawatirkan akan ada keramaian, makanya tidak ada arak-arakan (tatung), tetapi mini festival tetap dilaksanakan (di Singkawang),” terangnya.

Sementara untuk di Kota Pontianak, Windy mengatakan, tamu dari berbagai daerah se-Indonesia itu bakal diajak mengunjungi Alun-Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, makan saprahan di Istana Kadriah Pontianak, dan mencoba atraksi meriam karbit.

“Ini sangat menguntungkan kita karena seluruh Dinas Pariwisata se-Indonesia beserta tour operator leader-nya datang ke Kalbar, lalu juga Menparekraf Sandiaga Uno juga diagendakan datang ke Kalbar,” tutur Windy.

Baca Juga :  Windy Prihastari Bakal Gelar Aksi Sosial Ramadhan 2024, Disporapar Peduli

Tak hanya diuntungkan dari sisi kunjungan orang, Kalbar juga bakal ikut dipromosikan dengan skala yang lebih luas. Untuk itu Windy mengajak kabupaten/kota mengambil kesempatan pada momentum ini, agar bisa mempromosikan produk-produk unggulan dari daerah masing-masing.

“Tentunya mereka (peserta rakornas) pasti akan membawa media-media, baik nasional maupun internasional, maka waktunya Kalbar untuk mengambil kesempatan ini dan mempromosikan event-event, paket-paket wisata.dan ekonomi kreatif yang ada di Kalbar,” pungkasnya.

Seperti diketahui dalam kunjungan persiapan Rakornas Pariwisata di Kota Singkawang itu, juga turut diikuti oleh Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Heri Apriadi dan beberapa kepala perangkat daerah lainnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment