Jelang Imlek 2024, Polres Ketapang Gelar Operasi Liong Kapuas 2024

KalbarOnline, Ketapang – Menyambut perayaan Tahun Baru Cina/Imlek 2575 Tahun 2024, Polres Ketapang jajaran Polda Kalbar menggelar Apel Pengecekan Kesiapan Personel serta Almatsus Pam Pemilu 2024 dan Gelar Pasukan Ops Liong Kapuas 2024.

Apel tersebut digelar di halaman Mapolres Ketapang, Jalan Brigjend Katamso nomor 01 Kecamatan Delta Pawan, Ketapang Kalimantan Barat, Jumat (09/02/2024) Pukul 07.30 Wib.

Apel gelar pasukan itu dipimpin langsung Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian, serta dihadiri sejumlah Forkopimda Kabupaten Ketapang, seperti Dandim 1203 Ketapang, Letkol Czi Agus Ikwanto, Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P) Ivan Halim, perwakilan Bupati Ketapang, perwakilan Kajari, sejumlah pejabat instansi daerah, pejabat utama Polres Ketapang serta pasukan gabungan TNI-Polri.

Dalam amanat Kapolda Kalbar yang dibacakan Kapolres Ketapang, apel gelar pasukan ini sebagai wujud final check atas kesiapan seluruh personel dan sarana dan prasarana yang terlibat dalam Operasi Liong Kapuas 2024 dan Pengamanan Pemilu 2024, sehingga diharapkan perayaan Imlek Cap Go Meh dan pemilu 2024 di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Ketapang yang berlangsung beririsan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga :  Masjid Al-Ikhlas Ketapang Gelar Sunatan Massal 120 Anak 

“Tujuan digelarnya Operasi Liong Kapuas 2024 ini dimaksud untuk mengamankan  ibadah perayaan Tahun Baru Cina/Imlek 2575 Tahun 2024 yang juga bertepatan dengan masa tahapan akhir kampanye Pemilu 2024, sehingga dapat menciptakan rasa aman dan nyaman serta terciptanya  suasana kamtibmas kondusif bagi umat Tionghoa yang melaksanakan ibadah di vihara/klenteng di Kabupaten Ketapang,” ucap Tommy.

Dilanjutkannya, Operasi Liong Kapuas 2024 akan digelar selama 17 hari terhitung mulai tanggal 09 Februari 2024 sampai dengan 25 Februari 2024. Polres Ketapang sendiri menyiapkan 70 personel yang akan mengamankan 14 tempat ibadah vihara dan klenteng di Kabupaten Ketapang dimana juga disiapkan 1 Pos pengamanan yang dipusatkan di Klenteng Tua Pek Kong Jalan Merdeka Ketapang.

Baca Juga :  Safari Jumat Polres Ketapang, KaSPKT IPTU Sri Marjana Ajak Jamaah Masjid Imam Bonjol Jaga Kamtibmas

“Dalam operasi ini kita kedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan preemtif dan penegakan hukum sehingga diharapkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah hukum Polres Ketapang selama berlangsungnya perayaan Imlek dan Cap Go Meh,” tambah Tommy.

Kapolres Ketapang juga menekankan kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan untuk selalu melaksanakan tugas dengan sungguh sungguh, memprioritaskan keselamatan masyarakat dan pribadi selama melaksanakan pengamanan, melalui penerapan buddy system dan mempedomani SOP dalam bertugas, melaksanakan cara penyelesaian permasalahan dengan soft approach serta tetap waspada dengan melakukan mapping potensi permasalahan secara detail di lokasi pengamanan. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment