Peringati Hari Pers 2024, Jurnalis Kalbar Bagi-bagi Sembako

KalbarOnline, Kubu Raya – Sejumlah jurnalis di Provinsi Kalbar menggelar bakti sosial bagi-bagi sembako kepada kalangan masyarakat kurang mampu dan panti asuhan di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak. Kegiatan ini digelar dari tanggal 8 hingga 9 Maret dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN).

Selain memperingati HPN, Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng dan gula yang terus merangkak naik.

Ketua panitia pelaksana, Samsul Hardi mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat kurang mampu di tengah harga bahan pokok yang terus merangkak naik, terlebih menjelang dan menyambut bulan suci Ramadhan.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan yang merupakan kolaborasi antara insan pers dan donatur seperti PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW), CMI (Cita Mineral Investindo) dan Pelindo itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan ini kolaborasi beberapa media yang ada di Kalbar baik TV, cetak, maupun online, serta beberapa donatur yang juga turut peduli terhadap masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang sulit saat ini semua kebutuhan pokok merangkak naik ,” ungkap Samsul.

Jurnalis Kompas TV Biro Pontianak itu menambahkan, kegiatan ini digelar beberapa titik, mulai dari beberapa desa di Kubu Raya seperti Desa Kuala Dua, Desa Sungai Raya, Desa Punggur, Desa Sungai Kakap, Desa sungai Ambawang, Desa Kapur, Desa Ambangah, dan Desa Sungai Rengas.

Baca Juga :  Untuk Korban Banjir Sekadau, Pemprov Kalbar Serahkan 600 Paket Sembako

Sedangkan untuk Kota Pontianak disebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Pontianak Barat, Kecamatan Pontianak Timur dan Kecamatan Pontianak Utara.

“Adapun jumlah paket sembako yang dibagikan sebanyak 250 paket, sembako sendiri berisikan beras, gula, minyak goreng dan mie instan,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman yang membuka kegiatan itu secara simbolis dengan menyerahkan sembako mengaku berterima kasih atas kepedulian jurnalis Kalbar dalam membantu masyarakat di wilayah Kubu Raya. Harapannya, apa yang dilakukan pekerja media ini bisa meringankan beban masyarakat.

“Kita apresiasi peran media yang tidak hanya memberitakan kondisi ekonomi tapi juga turut berperan dalam membantu ekonomi masyarakat melalui kegiatan jurnalis Kalbar berbagi ini, kita berharap kegiatan semacam ini bisa terus ditingkatkan,” ungkap Kamaruzaman.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi media yang terus berkolaborasi dan bersinergi, baik dalam bentuk pemberitaan hingga bantuan sosial seperti sekarang ini, media diharapkan bisa menjadi wadah mencerdaskan masyarakat.

Baca Juga :  Libatkan Perusahaan, JARI dan Pemkab Kubu Raya Gagas Rencana Aksi Pengelolaan Koridor Bekantan di Lanskap Kubu

“Kita berharap media bisa menjadi wadah yang mencerdaskan dan terus bersinergi dengan pemerintah dan kepolisian guna memberikan informasi dan membantu masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, perwakilan management PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW) Kalbar, Sumarno menyampaikan, bahwa kegiatan seperti ini juga kerap dilakukan pihaknya, biasanya di sekitar area perusahaan beroperasi, namun tidak menutup kemungkinan jika memang ada yang memerlukan bantuan, salah satunya seperti di Desa Kuala dua kali ini.

“Kita terus bergerak membantu masyarakat khususnya di dekat perusahaan kita beroperasi, namun tidak menutup kemungkinan daerah yang letaknya jauh dan membutuhkan uluran tangan agar bisa meringankan ekonomi warga kita juga berikan, salah satunya di desa Kuala dua ini,” ucap Sumarno.

Mahmud (78 tahun), salah satu warga yang menerima sembako mengaku senang dan sangat terbantu, sebab dirinya yang sudah tak kuat lagi bekerja merasa teringankan dengan adanya bantuan tersebut.

Alhamdulillah kami diberikan bantuan sembako ini, melalui kegiatan ini, kami senang dan berterima kasih kepada orang-orang yang peduli terhadap kami lansia ini, sembako ini akan digunakan untuk menyambut puasa,” tutur Mahmud. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment