Dandim Putussibau Pimpin Upacara Operasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 – 2024

KalbarOnline, Putussibau – Komandan Kodim (Dandim) 1206 Putussibau, Letkol Inf Nasli memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 – 2024, di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Kamis (21/12/2023).

Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Nataru 2023 -2024 dapat berjalan dengan optimal.

Dalam kesempatan itu, Dandim Nasli mengatakan, pengamanan nataru ini merupakan tugas rutin yang harus dipastikan bisa berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

“Sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, ‘Natal dan Tahun Baru ini rutinitas, tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok’,” kata Nasli.

Baca Juga :  Natal 2018, RSUD Sekadau Tetap Berikan Pelayanan ke Masyarakat

Dalam rangka pengamanan nataru ini, polri didukung TNI, pemda, mitra kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024

“Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” katanya.

Nasli berharap pengamanan dapat dilakukan dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Selain itu, ia mengharapkan untuk dilakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis, serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan, agar kegiatan berjalan dengan aman.

Baca Juga :  Mudahkan Masyarakat, Pemkab Kapuas Hulu Luncurkan Layanan Pembayaran Pajak Online

Sebelum mengakhiri amanatnya, Nasli mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, BPJT, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan mitra kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment