Pj Gubernur Harisson Pastikan Perayaan Tahun Baru di Kalbar Aman Terkendali

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson bersama seluruh jajaran Forkopimda Kalbar mengikuti acara monitoring dan situasi kamtibmas menjelang malam pergantian tahun, di Pos Pengamanan Pasar Flamboyan Pontianak, Minggu (31/12/2023) malam.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolri, Listyo Sigit dan Panglima TNI, Agus Subiyanto melalui zoom meeting itu dalam rangka menekan gangguan kamtibmas saat momen pergantian tahun 2023, serta sebagai upaya untuk menekan angka kriminalitas serta mengantisipasi gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Harisson memastikan selama perayaan malam pergantian tahun di seluruh wilayah Kalimantan Barat masih terpantau aman dan terkendali.

“Ya, pada malam hari ini kita baru saja selesai menggelar Konferensi bersama Bapak Kapolri dan juga beberapa menteri terkait dalam rangka persiapan pengamanan pada malam perayaan malam tahun Baru. Dan sejauh ini untuk di Kalimantan Barat masih cukup aman dan terkendali,” ungkap Harisson.

Baca Juga :  Juniornya Jadi Calon Kapolri, Begini Respons Wakapolri Gatot Eddy

Kemudian, untuk beberapa titik lokasi, berdasarkan pantauan di lapangan, baik di area pos pengamanan maupun yang terlihat melalui CCTV, arus lalu lintas orang dan kendaraan juga cukup lancar meskipun terlihat sedikit kepadatan.

“Dan itu masih tergolong normal seperti biasanya,” kata Harisson.

Sebelumya, dalam kegiatan tersebut, Kapolri Sigit memastikan, kalau kondisi di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia aman dan terkendali saat malam pergantian tahun baru 2024.

“Terkait dengan kesiapan terakhir sekaligus kondisi terakhir kegiatan pengamanan menjelang pergantian tahun, jadi secara umum tadi disampaikan bahwa alhamdulillah semuanya masih berjalan aman dan lancar,” ujar Sigit dari Polda Metro Jaya, Jakarta.

Baca Juga :  Putra Putri Pariwisata Simbol Kebangkitan Dunia Pariwisata Kalbar

Ia menyebut, dari hasil pemantauan seluruh kegiatan, baik dari ibadah, wisata, hingga perayaan pergantian tahun baru berjalan aman dan terkendali.

Secara khusus, dirinya menyebut kondisi di Papua ketika proses pemakaman eks Gubernur Lukas Enembe. Kendati sempat terjadi kericuhan. Namun Sigit mengatakan situasi di Papua kini sudah terkendali.

“Masyarakat di sana (Papua) juga malam ini ada yang melaksanakan kegiatan merayakan puncak akhir tahun di jembatan merah dan tentunya ini menjadi atensi kita untuk terus dijaga jangan sampai terjadi permasalahan baru,” ujarnya.

Sigit menyatakan, kalau seluruh kegiatan pengamanan bakal terus dilakukan hingga hari Senin tanggal 1 Januari 2024. Ia juga berharap, kondisi tetap aman terkendali hingga kegiatan perayaan tahun baru berakhir. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment