Kampanyekan Sekolah Sehat, Pemkab Ketapang Gelar Seminar UKS

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menggelar seminar Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dengan tujuan untuk penerapan sekolah sehat dan peningkatan kesehatan peserta didik dengan tiga fokus utama yaitu pada sehat bergizi, sehat fisik dan sehat imunisasi.

Dilaksanakan di Ballroom Hotel Nevada Ketapang, seminar ini menyasar peserta didik meliputi pembudayaan sehat bergizi, sehat fisik dan sehat imunisasi, agar status kesehatan meningkat dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Bagi tenaga pendidik, seminar ini juga dimaksudkan untuk peningkatan kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, serta orang tua dan masyarakat berperan dalam usaha peningkatan derajat atau status kesehatan peserta didik baik di sekolah maupun di rumah.

Baca Juga :  Penertiban Lokalisasi “Kolam”, Kasatpol PP Ketapang Sambut Baik Langkah Tegas Pemerintah Desa Payak Kumang

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemkab Ketapang, Absalon menerangkan, pembinaan dan pengembangan UKS merupakan salah satu upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup dan derajat kesehatan peserta didik.

“Adanya kampanye sekolah sehat ini bertujuan untuk membangun kolaborasi berbagai pihak untuk secara bersama secara terus menerus menerapkan sekolah sehat dan meningkatkan kesehatan peserta didik,” terangnya, Kamis (09/11/2023).

Absalon berharap, dengan adanya kampanye ini menjadi gerakan yang berkelanjutan dengan berfokus pada satuan pendidikan dalam rangka mewujudkan peserta didik yang sehat, kuat, cerdas dan berkarakter.

“Tujuan UKS ini untuk meningkatkan kesehatan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan lingkungan sekolah yang sehat,” harapnya.

Baca Juga :  Staf Ahli Bupati Ketapang Buka Resmi Pameran Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat

Absalon mengajak pemangku kepentingan dan masyarakat untuk mendukung dan menggerakan kampanye sekolah sehat bagi anak-anak di Kabupaten Ketapang agar siswa dapat belajar dengan merdeka dalam keadaan sehat.

“Mari kita bersama bergotong royong merevitalisasi UKS melalui kampanye sekolah sehat dalam mewujudkan anak yang sehat, kuat dan cerdas berkarakter,” tutupnya.

Dengan mengangkat tema “Kampanye Sekolah Sehat Mewujudkan Generasi Cerdas Kabupaten Ketapang”, seminar ini diikuti oleh 178 peserta perwakilan sekolah se-Kabupaten Ketapang. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment