Sekda Ketapang Ajak Masyarakat Tiru Semangat Pahlawan

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Alexander Wilyo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Ketapang, Jumat (10/11/2023).

Upacara tersebut juga dihadiri unsur Forkopimda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta peserta upacara dari TNI-Polri dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Ketapang.

Sekda dalam kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang bertema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” ujarnya.

Baca Juga :  Tersangka Mucikari Prostitusi Online di Ketapang Laporkan Korban SS ke Polisi

Menjawab tantangan tersebut, sebagai masyarakat dapat berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” tegasnya.

Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa Bangsa Indonesia menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan Bangsa Indonesia dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Baca Juga :  Cegah Virus Corona, Imigrasi Andalkan Identifikasi dari Petugas Karantina

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” tutup Sekda Ketapang.

Usai melakukan upacara, Sekda Ketapang bersama jajaran Forkopimda menuju Taman Makam Pahlawan Sukaharja Ketapang untuk melakukan upacara penghormatan pahlawan dan melakukan tabur bunga. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment