Sambangi Melawi, Windy Getol Perkuat Tugas dan Fungsi Kader PKK Sebagai Tim Pendamping Keluarga

KalbarOnline, Melawi, – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari turun langsung bertemu seluruh kader PKK di Kabupaten Melawi hingga tingkat kecamatan dan desa, pada Sabtu (14/10/2023).

Pertemuan tersebut sengaja digelar dalam upaya penguatan tugas dan fungsi kader PKK dalam Tim Pendamping Keluarga (TPK). Seperti diketahui, TPK sendiri terdiri dari tiga unsur, yaitu bidan atau tenaga kesehatan, PKK dan kader Keluarga Berencana (KB).

Lewat penguatan yang dilakukan oleh Pj Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar tersebut, diharapkan upaya percepatan penurunan stunting akan semakin maksimal. Terutama dalam mencapai target stunting secara nasional target nasional pada 2024 mendatang.

Baca Juga :  Menparekraf Sandiaga Uno ke Kalbar, Windy Prihastari: Menambah Semangat Teman-teman Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Windy mengungkapkan, peran PKK dalam upaya percepatan penurunan stunting sangat penting, terlebih PKK merupakan organisasi yang menyentuh langsung keluarga. Sehingga para kader PKK harus kuat dalam menjalankan amanah yang telah diberikan.

“PKK itu organisasi yang menyentuh langsung keluarga untuk itu kita harus menjadi ibu-ibu yang kuat untuk melaksanakan yang telah diamanahkan ke kita,” kata Windy Prihastari.

Dirinya menambahkan, keberadaan PKK di dalam TPK harus maksimal dalam melakukan pendampingan terhadap calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca melahirkan dan bayi baru lahir. Lewat pendampingan tersebut diharapkan informasi dapat tersampaikan langsung kepada masyarakat.

“Kita ingin TPK yang didalamnya termasuk kader PKK ini dapat bekerja maksimal sehingga masyarakat paham dan tersosialisasikan dengan baik upaya pencegahan stunting di Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Baca Juga :  Sutarmidji Pastikan Tak Ada Jual Beli Jabatan di Pemprov Kalbar: Kalau Ada Saya Berhenti Jadi Gubernur

Di samping itu, menurut Windy pula, edukasi gizi ke posyandu kabupaten kota se Provinsi Kalbar dalam upaya penurunan stunting akan terus digencarkan. Pada posisi ini, ketua TP-PKK tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa sangat diharapkan membantu kader-kader posyandu di lapangan.

“Kita bergerak semuanya, tidak hanya sosialisasi, tapi juga dibarengi dengan memasak bersama dengan menu penuh gizi,” seru Windy.

Agenda penguatan kader PKK Kabupaten Melawi tersebut turut dihadiri Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment