239 Jemaah Calon Haji Ketapang Siap Diberangkatkan Ke Tanah Suci

KalbarOnline, Ketapang – Sebanyak 239 Jemaah Calon Haji (CJH) asal Kabupaten Ketapang siap diberangkatkan menuju tanah suci Mekkah, Arab Saudi, untuk melaksanakan ibadah haji pada musim haji 2023.

Jumlah itu berdasarkan dari data CJH yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) saat ini.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Ketapang, As’ad Afifi mengatakan kalau kuota haji Kabupaten Ketapang tahun 2023 berjumlah 235 jemaah, yang porsinya kemudian ditambah dengan prioritas lansia sebanyak 7 orang sesuai dengan SK Gubernur Kalbar.

“Insya Allah yang berangkat itu total 239 orang yang siap berangkat dan sudah melunasi biaya haji,” katanya saat dikonfirmasi KalbarOnline, Jumat (12/05/2023).

Baca Juga :  PT Bumitama Gunajaya Agro Berangkatkan 7 Karyawan Pemanen Sawit Wisata Rohani Ke Holyland

Ia menyebutkan, kalau untuk waktu keberangkatan masih menunggu surat resmi dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar. Namun diketahui untuk wilayah Kalbar dengan embarkasi Batam rentang waktu keberangkatan dimulai pada tanggal 15 sampai 21 Juni 2023.

“Saat ini untuk Ketapang kita belum tahu di tanggal berapa. Intinya di pertengahan Juni, tinggal kita menunggu jadwalnya dari kanwil provinsi. Untuk Ketapang keberangkatannya kita kena di gelombang kedua,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga berpesan kepada para CJH agar menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin dan makanan sehat. Mengingat akan menghadapi cuaca panas ekstrem di Arab Saudi, ia juga mengimbau agar jemaah selalu mengkonsumsi air untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Ajak Masyarakat Tidak Membakar Hutan

“Terutama air zam zam. Air itu jangan menunggu haus baru minum. Tidak haus pun harus banyak minum untuk mengantisipasi cuaca panas,” katanya.

“Kalau terasa menyengat panas di muka, disemprot saja muka dengan air, karena kondisi tubuh kita tidak sama dengan orang sana (di Arab saudi),” pesannya. (Adi LC)

Comment