Lepas CJH Kloter 29, Gubernur Kalbar Ingatkan Jemaah Harus Saling Bantu dan Perbanyak Sabar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji melepas kloter 29 Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Kalimantan Barat penerbangan pertama dan penerbangan kedua menuju embarkasi Batam, di Aula Hotel Orchardz Perdana Pontianak, Minggu (18/06/2023).

“Dengan mengucapkan  bismillahirrahmanirrahim kita selalu bertawakal kepada Allah, kami melepas keberangkatan jemaah haji Kalimantan Barat kloter 29 menuju embarkasi Batam dan selanjutnya menuju tanah suci Mekkah,” kata Sutarmidji.

“Semoga selamat dalam perjalanan dan selamat sampai tujuan dalam keadaan sehat wal afiat dan sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan sempurna dan kembali ke tanah air dengan selamat dengan memperoleh predikat haji yang mabrur,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan kepada jemaah untuk menjaga hati dan selalu bersabar. Ia menilai bahwa kesabaran itu modal utama dalam melaksanakan ibadah haji, karena nantinya jemaah bakal bertemu dengan umat Islam dari berbagai penjuru dunia dengan bermacam latar belakang.

Baca Juga :  Masyarakat Dayak Sintang Tolak Keras Kedatangan UAS

“Suami istri saling sabar. Karena ibadah haji ini harus penuh dengan kesabaran, apalagi sekarang panasnya (di tanah suci) sudah mencapai 41 derajat. Jadi betul-betul ibadah haji ini ibadah haji yang sangat perlu kesabaran itu kunci utama, kalau sabar semuanya bisa ringan. Jaga kekompakan dan saling menghargai dan menghormati satu dengan lainnya,” pesannya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kalimantan Barat itu turut menyampaikan, bahwa ibadah haji harus sabar disertai dengan ibadah yang ikhlas.

“Sholat itu harus betul-betul khusyu kemudian ibadahnya ikhlas, tapi kalau semata-mata sembahyang itu cuma mau ngejar pahala maka tidak bisa,” ujarnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada jamaah haji yang masih muda agar dapat membantu jamaah haji yang sudah lanjut usia (lansia), menurutnya membantu merupakan suatu ibadah yang tidak jauh lebih besar pahala yang diberikan oleh Allah SWT.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Tuturkan Potensi Korupsi di Depan Ketua KPK

“Untuk yang masih muda upayakan dapat membantu para jamaah yang sudah tua, karena itu juga bagian dari ibadah yang mendapat pahala karena memudahkan  orang untuk melakukan ibadah haji,” harapnya.

Sebagai informasi, kelompok terbang (kloter) 29 jamaah haji hari ini berjumlah keseluruhan 363 orang, pada penerbangan pertama jamaah haji berasal Kabupaten Kubu Raya 118 orang, Kabupaten Sanggau 6 orang, Kabupaten Sekadau 2 orang, Kabupaten Sintang 55 Orang. Kemudian di penerbangan kedua berasal dari Kabupaten Sintang 81 orang dan Melawi 101 orang.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir mendampingi yakni Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Muhajirin Yanis dan beberapa kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment