Bupati Citra Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2023: Langkah Persiapan Dini Pra Bencana

KalbarOnline, Jakarta – Bupati kayong Utara, Citra Duani menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (02/03/2023).

Rakornas yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan mengusung tema “Penguatan Resiliensi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Bencana”.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa poin penting mengenai tahapan penanggulangan bencana.

“Siaga pra bencana menjadi lebih penting, bukan hanya sibuk saat bencana, kemudian edukasi kebencanaan berkelanjutan, latih tanggap menghadapi bencana, infrastruktur yang dibangun untuk mengurangi risiko bencana harus terus ditingkatkan dan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat,” ucap Presiden RI.

Presiden RI, Joko Widodo membuka Rakornas PB Tahun 2023, Kamis (02/03/2023). (Foto: Prokopim)
Presiden RI, Joko Widodo membuka Rakornas PB Tahun 2023, Kamis (02/03/2023). (Foto: Prokopim)

“Identifikasi potensi bencana, BNPB harus aktif untuk mengajak semua pihak pusat dan daerah agar semua program pembangunan harus berorientasi pada tangguh bencana serta sederhanakan aturan-aturan kecepatan lebih diutamakan,” tambahnya.

Baca Juga :  Selama Dua Tahun, BNN RI Amankan 31,6 Kg Sabu di Kalbar

Sementara itu, Bupati Kayong Utara, Citra Duani didampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kayong Utara menyampaikan, bahwa langkah-langkah persiapan dini pra bencana bukan hal sepele, perlu perencanaan yang tepat dan matang.

Ia setuju dan merasa bahwa arahan presiden RI sangat tepat dan bijak dalam penanggulangan bencana di daerah. Begitupun dalam penanganan bencana tanggap darurat yang perlu kecepatan, keahlian, ketersediaan sarana dan prasarana serta dana yang memadai.

“Yang tidak kalah pentingnya langkah-langkah penanganan pasca bencana–di samping pemerintah juga–partisipasi masyarakat untuk bahu membahu sangat diperlukan,” ujar Bupati Citra.

“Seperti bencana banjir yang kerap kali terjadi di Kayong Utara tahun lalu di beberapa tahun sebelumnya, pemerintah daerah bersama Forkopimda, aparat kecamatan, desa dan masyarakat serta swasta bahu membahu untuk sesegera mungkin melakukan relokasi dan memberikan bantuan berupa sembako, pakaian, selimut, dan lain-lain,” tambahnya.

Suasana Rakornas PB Tahun 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (02/03/2023). (Foto: Prokopim)
Suasana Rakornas PB Tahun 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (02/03/2023). (Foto: Prokopim)

Selain itu, dalam melakukan penanggulangan bencana seperti banjir, Pemerintah Daerah Kayong Utara telah melakukan langkah-langkah nyata di berbagai daerah dengan normalisasi aliran sungai.

Baca Juga :  Bupati Citra Resmi Lepas 86 Kontingen Pesparawi Berlomba di Tingkat Provinsi Kalbar

“Di daerah-daerah banjir seperti di Pulau Maya, Sukadana, Simpang Hilir dan daerah lainnya sudah kita lakukan normalisasi dan membuat sodetan atau alur parit baru supaya air tidak tergenang termasuk pintu air sehingga masyarakat di petani bisa melakukan aktifitas seperti biasa,” kata dia.

“Kemudian, angin puting beliung dan antisipasi kebakaran hutan juga tidak luput dari perhatian,” tambahnya lagi.

Terkait dengan bencana lainnya seperti karhutla, Bupati Citra juga mengimbau kepada masyarakat dan pengusaha, jika pada musim kemarau agar tidak membakar lahan pertanian atau perkebunan sehingga hutan dan kebun tetap terjaga. (Santo/Prokopim)

Comment