Kapuas Hulu Kembali Bangun Dua Puskesmas Tahun Ini

Kapuas Hulu Kembali Bangun Dua Puskesmas Tahun Ini

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Peningkatan infrastruktur kesehatan terus menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Tahun 2021 ini, melalui Dinas Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu kembali membangun dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Pembangunan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pelayanan Dasar. Dua Puskesmas yang sedang dibangun tahun 2021 ini ialah Puskesmas Putussibau Selatan dan Puskesmas Hulu Gurung.

Kepala Seksi Fasilitas Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Nanang Fadli menyampaikan, pembangunan dua Puskesmas tersebut masing-masing dianggarkan sebesar Rp8,7 miliar.

“Di dalam pembangunan Puskesmas tersebut juga dibangun masing-masing dua rumah dinas. Artinya satu paket dengan pembangunan Puskesmas. Saat ini kedua Puskesmas tersebut masih dalam proses pengerjaan,” terang ungkap Nanang.

Baca Juga :  Sambut Ramadhan, Pemuda Putussibau Gelar Pawai Ta’aruf

Lanjut Nanang, pembangunan Puskesmas ini mengacu pada Permenkes nomor 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Proyek ini merupakan proyek strategis yang didampingi oleh Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu.

“Kita harapkan dengan adanya fasilitas kesehatan yang sudah memadai nanti dan didukung oleh tenaga medis dan para medis yang ada, semoga mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin meningkat,” harapnya.

Selain itu kata Nanang, diharapkan dengan pembangunan Puskesmas yang baru ini, akreditasi puskesmas menjadi meningkat pula seperti untuk Puskesmas Putussibau Selatan dari utama menjadi paripurna.

Baca Juga :  Banjir Kembali Menerjang, 5 Kecamatan di Kapuas Hulu Terendam

“Sedangkan untuk Puskesmas Hulu Gurung dari Madya bisa naik ke paripurna,” harapnya.

Nanang bilang, program pembangunan puskesmas dan rumah sakit di Kapuas Hulu yang bersumber dari DAK ini merupakan program dari nawacita Presiden RI khususnya untuk daerah-daerah yang berbatasan dengan negara tetangga salah satunya Kapuas Hulu yang berbatasan dengan Malaysia.

“Di Kapuas Hulu tinggal tujuh Puskesmas lagi yang belum dibangun sesuai prototipe dari Kemenkes RI,” pungkasnya.

Comment