Gubernur Sutarmidji Buka Musrenbang Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2024, Senin, 13 Maret 2023.

Kegiatan yang digelar di Kantor DPRD Kabupaten Kapuas Hulu itu turut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Fransiskus Diaan-Wahyudi Hidayat, serta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kapuas Hulu.

Dalam kegiatan tersebut juga turut dirangkaikan dengan penyerahan hibah rumah ibadah, serta bantuan kendaraan roda dua (sepeda motor) untuk desa mandiri di Kabupaten Kapuas Hulu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Gubernur Sutarmidji mengungkapkan, janji pembangunan yang menjadi tanggung jawab Pemprov di Kabupaten Kapuas Hulu hampir tuntas. Di Kecamatan Semitau misalnya, pembangunan Jembatan Sungai Marsedan, sudah mulai dibangun, dan ditargetkan selesai tahun ini.

Gubernur Sutarmidji Buka Musrenbang Kapuas Hulu 1

“Kemudian jembatan yang satunya lagi (Sungai Ringin), karena yang menyusun APBD 2024 nanti tugas Pak Sekda (Harisson), saya sudah ingatkan tahun depan (2024) harus dimasukkan lagi. Kalau tak dibangun, bapak/ibu datangi Pak Sekda ramai-ramai. (jabatan) Saya hanya sampai 5 September (2023),” ungkap Midji-sapaan karibnya.

Baca Juga :  Ajak ASN Tetap Produktif Saat Puasa, Sutarmidji: Kerja Itu Bagian dari Ibadah

Sementara untuk Jembatan Sungai Kecapah yang sering terendam air ketika banjir, Midji mengatakan siap membantu pembangunannya di tahun ini. Asal anggaran yang dikeluarkan tak lebih dari Rp2 miliar, dan Pemprov bakal menganggarakan lewat dana Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Saya sudah tanya PU berapa, Pak Sis (Bupati Kapuas Hulu) nanti buat surat, gambarkan kondisi banjir, dilengkapi foto dan sebagainya, tahun ini juga kita selesaikan kalau cuma Rp2 miliar. Dengan catatan, itu memang kondisi banjir. Sehingga saya bisa gunakan dana BTT yang kita masih miliki,” paparnya.

Midji ingin agar tanggung jawab Pemprov di Kabupaten Kapuas Hulu bisa cepat tuntas. Termasuk ruas-ruas jalan menurutnya masih ada beberapa yang harus diselesaikan.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan gubernur yang berkenan hadir dalam memberikan arahan pada Musrenbang RKPD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2024.

Baca Juga :  Pelaku Pembunuhan Berantai Satu Keluarga di Sintang Diringkus Polisi: Sempat Melawan

“Kami sangat mengapresisai atas perhatian dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu. Terutama khusus ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov, yakni ruas jalan Simpang Sejiram-Semitau, dan Semitau-Suhaid,” ungkapnya.

Secara umum Sis-sapaan karibnya mengatakan, ruas jalan provinsi mulai dari Simpang Sejiram-Semitau, hingga Suhaid kondisinya sudah baik. Hanya saja masih ada beberapa titik (spot) yang agak rusak. Namun yang menjadi perhatian pihaknya dari total 37,95 kilometer jalan provinsi itu, adalah kondisi jembatan. Ia menyebutkan sedikitnya ada 31 jembatan di sana, dan 21 diantaranya kondisinya masih rusak parah dan ringan.

“Jembatan yang selalu terkendala karena banjir juga akan segera ditangani (Pemprov). Salah satunya Jembatan Sungai Kecapah sudah ditanggapi gubernur, tahun ini juga akan dibangun melalui dana BTT. Saya minta Dinas PUPR segera membuat kajiannya (jembatan terdampak banjir),” katanya.

Comment