Wako Edi Kamtono: Jadikan Momentum HUT ke-76 RI Penyemangat Lawan Covid-19

Wako Edi Kamtono: Jadikan Momentum HUT ke-76 RI Penyemangat Lawan Covid-19

KalbarOnline, Pontianak – Meskipun digelar secara terbatas, upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di halaman Kantor Wali Kota Pontianak berlangsung khidmat, Selasa (17/8/2021). Sebanyak 32 anggota Paskibraka menjalankan tugasnya mengibarkan Bendera Merah Putih.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan peringatan Hari Kemerdekaan RI di tengah pandemi Covid-19 sudah memasuki tahun kedua. Meskipun dengan keterbatasan jumlah peserta dan tempat pelaksanaan upacara, namun tidak mengurangi kekhidmatan dalam memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Momentum peringatan Hari Kemerdekaan ini pula, ia berharap bisa menjadi penyemangat bagi bangsa Indonesia untuk melawan pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Banyak Telan Korban, DPRD Kalbar Minta Balai Jalan Nasional Evaluasi Jalan Trans Kalimantan di Kubu Raya

“Semoga pandemi Covid-19 di Kota Pontianak dan Indonesia bisa sirna sehingga kita bisa beraktivitas kembali,” ujarnya.

Tidak seperti tahun-tahun sebelum pandemi, peringatan HUR ke-76 RI tahun ini berbeda karena melihat kondisi pandemi yang masih belum berakhir. Berbagai kegiatan perlombaan yang biasanya digelar di masyarakat, kini hanya bisa dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan lebih dianjurkan untuk dilaksanakan secara virtual untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Silakan lakukan kreativitas dan inovasi masing-masing untuk memperingati Hari Kemerdekaan,” ucapnya.

Edi menekankan, hal yang paling penting adalah bagaimana mengajak lingkungan sekitar untuk menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Kondisi sekarang pandemi Covid-19 di Kota Pontianak sudah melandai dan menurun dan ini patut kita syukuri serta jadikan semangat untuk terus bersatu melawan pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Baca Juga :  'Budak Siantan’ untuk yang Tak Punya Smartphone

Satu diantara anggota Paskibraka Kota Pontianak, Galih Wildan R, mengaku merasa bangga dan senang menjadi bagian dari Paskibraka Kota Pontianak dalam memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

“Tugas yang telah diamanahkan kepada kami ini menjadi pengalaman yang berharga dan tak terlupakan,” ungkapnya.

Selama menjalani karantina sejak tanggal 8 Agustus 2021, ia bersama anggota Paskibra lainnya menjalani latihan secara rutin. Meskipun selama mengikuti proses seleksi banyak tantangan yang dihadapi, namun ia berhasil melewati tahapan-tahapan seleksi.

“Untuk kesulitan pasti ada tapi dengan semangat dan tekad yang kuat, alhamdulillah semua berhasil kami lewati,” kata Pelajar Kelas XI SMA Negeri 4 Pontianak ini. (J)

Comment