Kakankemenag Kapuas Hulu Tegaskan Kerukunan Umat Beragama

Kakankemenag Kapuas Hulu Tegaskan Kerukunan Umat Beragama

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia memperingati Dirgahayu Hari Amal Bakti Ke 75. Kantor Kemenag Kapuas Hulu turut merayakannya secara terbatas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu, Syahrul menuturkan karena dalam wabah pandemi Covid-19, mereka yang hadir pada acara tersebut terbatas cuma dari pihak terkait saja, seperti satker – satker kementrian agama, baik itu islam, Kristen, Katolik, serta yang lainnya.

“Yang hadir pihak-pihak terkait saja, ini terbatas karena masa pandemi Covid-19,” katanya saat ditemui di Kantor Kementerian Agama, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (05/01/2021).

Syahrul juga mengatakan tema hari amal bhakti kali ini adalah “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama, sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Toleransi dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas Hulu juga tinggi, jadi untuk itu perlu terus dipertahankan.

Baca Juga :  Puluhan Warga Tiga Desa di Lintas Utara Tuntut Kejelasan Aktifitas PT KAA

“Kapuas Hulu selama ini telah rukun dan toleransi jadi perlu dipertahankan,” katanya.

Selain itu, Syahrul menegaskan semangat baru Kementerian Agama ada beberapa hal yang jadi prioritas, pertama di bidang manajemen tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalam pelayanan penyelenggaraan haji dan umroh, pendidikan agama dan keamanan, serta pusat pelayanan keagamaan. Kedua di bidang penguatan moderasi beragama, salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada pengaturan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai – nilai kebangsaan. Kemudian yang terakhir adalah di bidang persaudaraan yang meliputi persaudaraan umat beragama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dalam mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Baca Juga :  Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Upacara HUT Satpam ke-42, Angkat Tema Sinergitas Satpam dan Polri

“Ada beberapa semangat Kementerian Agama baru dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci,” katanya.

Untuk itu Syahrul mengharapkan, kepada ASN Kementerian Agama khususnya untuk di wilayah Kapuas Hulu, untuk tetap selalu bekerja dengan baik, bekerja dengan ikhlas serta bekerja dengan tuntas, dan menjadikan agama menjadi inspirasi pembangunan bangsa dan negara.

“Saya harap ASN Kementerian Agama tetap bekerja dengan baik, ikhlas dan tuntas,” tutup Syahrul.

 

Comment