Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Upacara HUT Satpam ke-42, Angkat Tema Sinergitas Satpam dan Polri

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar memimpin upacara peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) yang ke-42, di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Senin (30/01/2023).

Upacara HUT Satpam ke-42 ini mengusung tema “Sinergitas Satpam dan Polri, Peduli Untuk Sesama”.

Upacara tersebut dihadiri Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Hilman Malaini, Pejabat Utama (PJU) Polres Kapuas Hulu, para personel, tamu undangan serta anggota Satpam dari berbagai instansi.

Membacakan amanat dari Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolres Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam proses terselenggaranya pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Selanjutnya disampaikan, bahwa sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu, potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Baca Juga :  Langgar Disiplin Polri, Dua Anggota Polres Kapuas Hulu Dipecat

“Kehadiran satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan secara swakarsa, guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)” ujarnya.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar memimpin upacara peringatan HUT Satpam ke-42. (Foto: Ishaq)
Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar memimpin upacara peringatan HUT Satpam ke-42. (Foto: Ishaq)

Kemudian, masih dalam amanat kapolri, kapolres menyampaikan bahwa dalam perkembangannya, satpam menjadi salah satu bagian yang esensial di berbagai sektor seperti Industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata, dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan.

“Kami sangat merasakan peran rekan sekalian dalam melakukan strategi pengendalian Covid-19, khususnya penguatan protokol kesehatan di berbagai pusat aktivitas masyarakat dan dalam mendukung tugas Polri untuk menciptakan sitkamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Baca Juga :  Polres Kapuas Hulu Launching Program Kampung Kamtibmas, Ini Paparan Kapolres

“Satpam dituntut untuk semakin profesional yang mampu memberikan kontribusi nyata yang lingkungan tugasnya masing-masing,” sambungnya.

Terakhir, kapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota satpam, badan usaha jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan serta segenap stakeholder atas kerja sama yang terjalin baik selama ini, sehingga terciptanya stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Selamat ulang tahun satuan pengamanan ke-42, semoga di usia yang ke-42 tahun ini anggota satuan pengamanan semakin profesional dalam pengembangan fungsi kepolisian,” sampainya.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan syukuran HUT Satpam ke-42 yang dilaksanakan di Basement Polres Kapuas Hulu. (Ishaq)

Sumber: Humas Polres Kapuas Hulu/JS.

Comment