by

Alex Marquez Sadar Diri Belum Akan Bisa Berikan Gelar Juara Dunia

KalbarOnline.com – Para pembalap Honda bakal menghadapi tantangan berat menuju musim 2021. Jagoan Repsol Honda Marc Marquez baru saja menjalani operasi ketiga tahun ini. Dia bakal absen pada seri-seri awal musim depan. Kini tumpuan beralih ke Pol Espargaro yang baru merapat ke Repsol Honda.

Selain itu, ada Alex Marquez dan Takaaki Nakagami yang akan membalap di bawah panji LCR Honda. Dalam konferensi pers virtual kemarin (10/12), Alex dan Taka menyampaikan pandangan masing-masing untuk musim 2021. ’’Seperti biasa, aku akan berikan 100 persen, kerja keras, dan secara fisik siap,’’ ucap Alex.

Musim lalu Alex bersaing ketat untuk memenangi balapan GP Aragon hingga lap terakhir. Sayang, dia hanya finis kedua dengan terpaut 0,263 detik oleh rider Suzuki Ecstar Alex Rins. Meskipun begitu, dengan kemampuannya saat ini, adik kandung Marc Marquez itu merasa belum siap untuk bersaing memperebutkan gelar musim depan.

Baca Juga: Sirkuit Brno Tarik Diri, Indonesia Jadi Salah Satu Kandidat Pengganti

’’Aku tidak memiliki cukup kemampuan. Aku punya tujuan lain, yakni menjadi lebih konsisten di (barisan) depan untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman,’’ paparnya.

Musim 2021 dia harus bergeser ke LCR Honda dan berpartner dengan Taka. Tetapi, Alex akan mendapatkan dukungan penuh dari HRC supaya bisa lebih berkembang.

Sebetulnya, pada paro kedua 2020, Taka dan Alex menunjukkan perkembangan signifikan. Bahkan, Taka yang menggunakan motor spesifikasi 2019 sukses mencuri pole position pada GP Teruel di Aragon. Meski dia belum sekali pun mendapatkan podium. Berbeda dengan Alex yang dua kali merasakan podium di Prancis dan Aragon.

Setelah kecelakaan yang dialami Marc, Taka mendapatkan perhatian lebih dari HRC. Selain itu, dia bakal menunggangi RC213V seperti yang digunakan pembalap Honda lainnya. Taka memanfaatkan betul data balapan milik Marc bersama motor Honda. Sejak balapan kedua di Jerez, Taka mengubah gaya balapnya dengan merujuk data balap milik Marc Marquez.

BACA JUGA:  Cedera di Awal Musim, Start Posisi 10, Juara dan Akhiri Dominasi Honda

’’Tapi, itu rumit. Di beberapa sirkuit lebih mudah, tetapi di sirkuit lain sangat sulit untuk mencoba seperti dia (Marc),’’ ujar Taka yang menargetkan menang minimal satu seri balapan pada musim depan.

Comment