Walaupun Bintang Yamaha Menyodok, Tapi Rider KTM Masih yang Terkuat

KalbarOnline.com-Maverick Vinales menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) Grand Prix Austria, Sabtu (15/8). Namun, pembalap KTM Pol Espargaro masih memiliki catatan waktu tercepat di ketiga sesi latihan yang telah digelar.

Cuaca buruk menggangu sesi kedua pada Jumat (14/8). Saat itu, pembalap gagal memperbaiki catatan waktunya dibandingkan sesi pertama pagi hari yang berlangsung dalam kondisi kering.

Hujan lantas turun sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi jelang kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring.

Para pembalap mengawali FP3 dengan ban wet karena sebagian trek masih basah.

Pada 15 menit terakhir, trek mulai mengering dan para pembalap berganti ke ban slick untuk memperbaiki catatan waktu mereka. Tujuannya adalah mengejar slot lolos langsung ke kualifikasi kedua (Q2).

Baca Juga :  Fabio Quartararo Juara, Peluang Rossi Naik Podium ke-200 Sirna
Pembalap KTM Pol Espargaro saat beraksi pada latihan bebas hari kedua GP Austria 2020. (MotoGP).

Sesaat setelah menggunakan ban slick, bintang Ducati Andrea Dovizioso melesat sebagai yang tercepat. Namun, catatan waktunya belum mampu menyamai apa yang ditorehkan Espargaro pada FP1.

Tiga menit menjelang bubaran menjadi teritori time attack bagi para pembalap. Vinales menjadi pembalap Yamaha tercepat dengan waktu 1 menit dan 24,317 detik. Jack Miller dengan motor Ducatinya menyusul di posisi kedua, terpaut 0,046 detik.

Dovizioso finis ketiga, 0,109 detik lebih lambat dari pemuncak sesi. Namun, kalau diakumulasikan dari ketiga catatan waktu latihan, rider Italia itu masih bertahan di peringkat dua di belakang motor Espargaro.

  • Baca Juga: ANALISIS: Apa yang Membuat KTM Akhirnya Menjadi Juara Seri MotoGP

Catatan waktu Vinales di FP3 mampu mendongkrak posisinya ke peringkat tiga secara keseluruhan. Sementara itu, Miller juga naik ke peringkat empat. Espargaro gagal memperbaiki catatan waktunya. Tetapi torehan 1 menit dan 24,193 detik yang dia ukir pada FP1, belum terkalahkan oleh para rival.

Baca Juga :  Naik Turun Karir Abraham Damar, Mulai Dicoret Timnas Hingga Jadi MVP

Takaaki Nakagami menjadi pembalap Honda tercepat akhir pekan ini. Dia bertahan pada posisi kelima.

Sesi kualfikasi pertama (Q1) akan diramaikan oleh Johann Zarco, Danilo Petrucci, Valentino Rossi, Cal Crutchlow, dan Brad Binder. Mereka gagal masuk 10 besar catatan waktu kombinasi latihan.

Test rider Ducati Michele Pirro ditugaskan untuk menggantikan posisi Francesco Bagnaia (Pramac Racing) yang mengalami cedera lutut.

Sementara itu, juara bertahan dan juga bintang Repsol Honda Marc Marquez akan absen dari GP Austria. Dia akan digantikan test rider Honda Stefan Bradl.

Comment