by

Goodbye, Valentino Rossi Putuskan Pensiun dari Balapan MotoGP

Valentino Rossi Putuskan Pensiun dari Balapan MotoGP

KalbarOnline.com – Valentino Rossi secara mengejutkan menyatakan pensiun dari balapan MotoGP usai gelaran musim ini. Pembalap asal Italia itu mengumumkan keputusannya tersebut jelang balapan MotoGP Styria, Minggu, 8 Agustus 2021.

Dalam jumpa pers yang disiarkan situs resmi MotoGP, Rossi menyatakan bahwa musim ini adalah yang terakhir baginya. Pembalap Petronas SRT pun mengaku siap membuka lembaran baru dalam hidupnya.

“Sayangnya ini adalah musim terakhir saya sebagai pembalap motogp. saya tidak akan membalap lagi dengan motor. Tahun depan hidup saya akan berubah. Saya enjoy dengan hidup baru saya. Ini menyenangkan,” kata Rossi.

Keputusannya untuk pensiun memang dinilai banyak pihak adalah sebuah keputusan yang tepat. Mengingat dirinya sudah tak lagi muda dan sulit untuk bersaing dengan para pembalap muda di MotoGP.

Juara dunia 9 kali ini memang mengalami musim yang cukup buruk dalam dua musim terakhir. Usai diputuskan kontrak dari Monster Yamaha, di musim ini Rossi pun jeblok dengan tim Petronas SRT.

Saat ini, eks pembalap Ducati itu berada di posisi 19 pada klasemen sementara dengan raihan 17 poin. Rossi tercatat sudah 3 kali gagal finis, dan baru sekali menembus posisi 10 besar.

Nyesal Rekrut VR46, Petronas Yamaha Kapok Pakai Pembalap Tua

Petronas Yamaha kemungkinan tak akan menggunakan jasa Valentino Rossi lagi di MotoGP 2022. Sebab, performanya hingga paruh musim tak menunjukkan tanda-tanda membaik. Alih-alih menang, Rossi justu lebih sering jatuh di tengah perlombaan.

Bos Petronas Yamaha Razlan Razali mengaku tak ingin situasi yang terjadi sekarang kembali terulang di musim berikutnya. Itulah mengapa, peluang memperpanjang kontrak Rossi kemungkinan tertutup.

“Dengan rasa hormat yang sebesar-besarnya untuk Rossi, kami tidak ingin menempatkan diri kami dalam situasi yang serupa dengan tahun ini,” ujar Razali, dikutip dari Motosan, Kamis 29 Juli 2021.

Belakangan, beredar kabar, Petronas Yamaha berniat merekrut Andrea Dovizioso untuk kompetisi tahun depan. Namun, Razali memastikan, kabar tersebut tak benar. Sebab, belajar dari kesalahannya saat merekrut Rossi, pihaknya tak ingin lagi berurusan dengan pembalap berumur.

“Mereka berdua (Rossi dan Dovi) pembalap yang fantastis, tapi level MotoGP telah meningkat pesat. Rossi memang lebih cepat dari tahun lalu, tapi sulit baginya untuk mencetak poin, dan Dovi telah absen selama setahun.”

“Kami ingin membantu pembalap muda, seperti yang kami lakukan dengan Quartararo,” tuturnya.

Saat ini, ada sejumlah pembalap muda yang tengah pihaknya incar. Namun, dia memastikan, belum ada yang benar-benar sepakat gabung.

“Kami melihat Moto2, dari 1 hingga 9, dan ada Vierge. Selain itu, masih ada pembalap lain yang tersedia seperti Bezzecchi, Roberts atau Schrotter,” kata dia. (KPJ)

Comment

Terbaru